5 Skill Digital Marketing yang Harus kamu Kuasai

Pada saat ini, digital marketing tidak hanya dilakukan oleh kalangan pebisnis online. Namun juga semua perusahaan-perusahaan yang besar lainya. Digital marketing atau yang bisa disebut pemasaran online merupakan sesuatu bentuk cara dalam memasarkan dan mempromosikan sebuah brand atau merek dengan menggunakan internet atau media digital.

Perkembangan dari ekonomi dan teknologi yang menjadi sangat pesat telah menuntut pemasar serta pengusaha untuk belajar mengenai digital marketing atau pemasaran digital. Tidak hanya sekedar untuk berjualan secara online. Digital marketing adalah profesi yang memadukan antara desain website, SEO, pemasaran, penulisan konten (copy writing), dan masih banyak yang lainnya.

Dampak yang diperoleh dari meningkatnya dunia teknologi dan internet, digital marketingpun telah menjadi salah satu strategi yang efektif dan sangat popular yang telah dimanfaatkan oleh sebagian besar dari tim-tim pemasaran di seluruh dunia. 

Bukan merupakan hal yang mudah. Namun jika kamu bisa mempelajari semuanya, tentunya kamu akan mempunyai nilai yang lebih jika dibandingkan dengan kompetitormu. Jika kamu ingin menjadi seorang digital marketing yang bersinar dan handal, kamu perlu menguasai beberapa skill digital.

5 Skill Digital Marketing yang Harus Kamu Kuasai 

  • Media sosial

Media sosial telah menjadi tempat interaksi bagi perusahaan dengan target pasar. Fakta ini yang akhirnya membuat digital marketing bisa mengulik lebih dalam di media sosial dengan tujuan untuk memberikan keuntungan bagi perusahaan didalam menyampaikan pesan yang relevan sesuai target pasar.

Tidak hanya untuk memposting konten-konten di media sosial saja. Seorang digital marketing juga harus dapat menjaga relevansi konten, kualitas konten, serta interaksi antara target pasar dengan perusahaan.

Setiap digital marketing harus selalu membuat sebuah strategi di media sosial sesuai dengan platform media sosial yang telah digunakan sebelumnya. Inilah yang akhirnya membuat seorang digital marketing harus kreatif dan mau untuk mencoba berbagai macam fitur-fitur baru yang sering disediakan oleh setiap platform media sosial.

5 Skill Digital Marketing yang Harus kamu Kuasai

  • CRM

Memantau dari pengalaman yang selalu dialami oleh konsumen dapat mendukung perusahaan untuk mengerti akan kebutuhan mereka yang tentunya bervariasi. Sebagai seorang digital marketing, tentu perlu untuk mengembangkan keterampilannya dibidang Customer Relationship Management (CRM) untuk dapat mengoptimalkan pengalaman-pengalaman pelanggan.

Akan menjadi semakin baik kalau kamu bisa menghubungkan konsumen yang memiliki tingkat yang emosional kepada perusahaan. Jika hal ini dapat terjadi, tingkat akan loyalitas konsumen terhadap produk dan dalam segi layanan perusahaanpun akan semakin tinggi.

  • Conten Creating

Kamu dapat membuat berbagai macam konten digital melalui twitter, blog, Instagram, facebook, tiktok, dan platform lainnya. Keterampilan yang menjadi sangat berharga didalam industry ini adalah keterampilan dari segi penggunaan kata-kata yang menarik, story telling, dan juga ide dari video itu sendiri.

Keaslian (orisionalitas) serta keanekaragaman yang telah menjadi senjata ampuh untuk skill tersebut. Tidak jarang jika warganet sangat menantikan konten-konten seru apa yang akan kamu buat. Melalui hal itulah kesempatan yang dapat kamu ambil untuk memasukan produk dari brand perusahaanmu.

  • SEO

Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah keterampilan dalam membuat website sebuah perusahaan hingga dapat berada ditingkat halaman pertama mesin pencari otomatis. Hal ini membuat calon klien dan konsumen menjadi tertarik untuk mengklik konten tersebut disaat mereka sedang mencari produk-produk ataupun layanan dari perusahaan yang kamu tinggalin.

Jika website suatu perusahaan telah berada dihalaman pertama, maka perusahaan itu telah dapat menunjukkan bahwa visibilitasnya semakin membaik. Hal ini pula yang menandakan para calon konsumen bisa lebih mudah untuk menelusuri layanan atau produk-produk yang telah disediakan oleh perusahaan. Tentu saja hal ini dapat mendongkrak dari segi jumlah traffic website perusahaan dan jumlah penjualan.

  • Analisis Data

Data Analysis (Analisis Data) akan berfokus kepada proses-proses dari pengolahan data yang didapat dari mengumpulkan dan memproses berbagai macam informasi melalui berbagai macam interaksi yang dilakukan secara online dengan sang target pasar, serta melakukan pengolahan data yang sesuai dengan apa yang diperlukan untuk dapat mencapai target seperti yang diharapkan.

Dalam melakukan interaksi online tersebut dapat berupa konten yang telah direspon oleh target pasar, jejak searching, transaksi online, ataupun dari sumber relevan yang lainnya. Melalui interaksi ini, seorang digital marketing dapat mengumpulkan dan membersihkan data-data yang tidak diperlukan, melakukan analisis, dan dapat membantu kamu untuk membuat sebuah keputusan pemasaran secara efektif.

Digital marketing sendiri merupakan sebuah industry yang memiliki banyak tantangan, menyenangkan dan dapat mengasah daya kreatifitasmu. Jika kamu ingin fokus diindustri ini, kamu akan masuk di Industri yang sangat menarik dan akan selalu dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Jadi, kalau kamu orang yang menyukai tantangan dan kreatif, tidak ada salahnya untuk mencoba masuk di industri ini.