Apa Kegunaan Situs Web & Mengapa Penting?

Apa Kegunaan Situs Web?

dmstand.org – Kegunaan suatu situs web memberi tahu kita seberapa efektif, efisien, dan memuaskan pengunjung atau penggunanya dapat melihat, atau memeriksa dengan cara lain, situs web tersebut. Itu mencakup semua hal yang biasanya akan dialami pengguna ketika mereka mengunjungi situs web termasuk bilah navigasi, menu, konten, gambar, video, hyperlink, tombol, formulir, permainan, dll. Memantau seberapa efektif, efisien, dan memuaskan, atribut ini dan lainnya adalah akan memberikan pemilik situs web dan organisasi wawasan yang signifikan tentang kegunaan situs web mereka. Jadi, mari kita lanjutkan dan hancurkan ketiga istilah kunci itu.

Apa Kegunaan Situs Web & Mengapa Penting

Ketika seorang tamu tiba di situs web yang efektif, harapan mereka terpenuhi atau terlampaui dengan baik dan mereka dapat menggunakan situs untuk menyelesaikan tujuan yang dimaksud dengan mudah. Situs web yang efisien membawanya selangkah lebih maju, memungkinkan para tamunya untuk menemukan informasi atau sumber daya yang mereka butuhkan secepat dan seefisien mungkin, tanpa membuang waktu atau tenaga.

Meskipun, bisa dibilang yang paling terkenal dari tiga pilar kegunaan adalah kepuasan. Ketika pengunjung mencari dan menemukan situs web yang memenuhi persyaratan atau kebutuhan mereka dengan menjawab pertanyaan mereka, menyediakan sumber daya yang diperlukan, dll. Andal, itu membuat tanda kepuasan. Ketiga bahan ini – seberapa efektif, efisien, dan memuaskan sebuah situs – berkontribusi pada kegunaan situs web.

Kegunaan situs web termasuk pertimbangan semua komponen ini, bersama dengan keseluruhan efektivitasnya, efisiensi, dan kepuasan bagi pengguna, sering dievaluasi oleh peneliti, analis, dan perancang pengalaman pengguna.

Baca juga : Apa itu CRM dan Fungsinya?

Mengapa Kegunaan Situs Web Penting?

Pada akhirnya, kegunaan situs web penting karena ini tentang layanan pelanggan. Tujuan dari organisasi atau profesional bisnis adalah untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan mereka, secepat mungkin dan dapat diandalkan. Dalam bisnis seperti dalam kehidupan, kami ingin menjadi signifikan; kami ingin bermanfaat. Dan untuk menarik dan menjaga pelanggan kembali, kami harus mempertahankan kegunaan kami di setiap lini.

Itu termasuk web. Jadi, apakah Anda seorang karyawan atau pemilik, penting bagi Anda dan tim Anda untuk mengetahui bahwa kegunaan situs web dapat berdampak signifikan pada kemampuan departemen Anda untuk mencapai misinya, meningkatkan pengembalian investasi, dan melayani pelanggan.

Misalnya, pertimbangkan tujuan membantu siswa dan pasien untuk menemukan informasi dan sumber daya terkait kesehatan yang penting. Kegunaan situs web yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan ini, akan berdampak pada segala upaya untuk menarik, mempertahankan, dan memuaskan populasi tersebut (mis. Pelajar dan pasien) dan kemampuan mereka untuk membuat keputusan berdasarkan informasi untuk kesehatan masa depan mereka. Ini bukan hal kecil.

Ini sangat penting. Lebih jauh, fakta sederhananya adalah bahwa internet sangat menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan kita sehari-hari. Proliferasi pasar digital ke hampir setiap sudut dan celah dunia kita membuat kegunaan semakin signifikan dari waktu ke waktu. Dalam hal pendidikan dan perawatan kesehatan, industri yang memberdayakan dan memungkinkan kita untuk berkembang secara cerdas, kegunaan situs web sebenarnya sangat penting.

“Di Web, kegunaan adalah kondisi yang diperlukan untuk bertahan hidup. Jika sebuah situs web sulit digunakan, orang-orang pergi. Ketika beranda gagal menyatakan apa yang ditawarkan perusahaan dan apa yang dapat dilakukan pengguna di situs, orang-orang pergi. Jika pengguna tersesat. di situs web, mereka pergi. Jika informasi situs web sulit dibaca atau tidak menjawab pertanyaan kunci pengguna, mereka pergi. ” ~ Jakob Nielsen, Web Usability Professional

Faktor-Faktor Apa yang Memengaruhi Usabilitas Seiring Waktu?

Penelitian yang cermat terhadap pelanggan dan target audiens organisasi saat ini sangat penting untuk pemahaman komprehensif tentang kegunaan situs web mana pun. Ada berbagai metode yang tersedia untuk mencapai hal ini. Penelitian ini dapat mencakup tinjauan analitik digital situs web dari sudut pandang SEO (mis. Optimisasi mesin pencari). Ini juga dapat mencakup penyelidikan terhadap kebutuhan pelanggan dan penerimaan terhadap pesan dan desain tertentu melalui pengembangan persona pengguna. Temuan dari metode ini kemudian dapat diuji dan perbaikan diterapkan, sehingga pengalaman organisasi dan pelanggannya menjadi lebih baik.

Berikut ulasan singkat tentang beberapa faktor utama yang memengaruhi kegunaan. Sebagian besar peneliti akan ingin berbicara dengan Anda tentang hal ini ketika membahas keberhasilan situs web Anda. Pada akhirnya, semua faktor ini memengaruhi kemampuan Anda untuk membantu pelanggan memenuhi kebutuhan:

  • Aksesibilitas: Aksesibilitas web di sini berarti penyandang cacat dapat memahami, memahami, menavigasi, dan berinteraksi dengan situs web. Ini termasuk manfaat dari informasi, sumber daya, dll.

Bisakah semua orang menggunakan situs web, sama?

  • Responsiveness: Responsive web design (RWD) adalah, “Suatu pendekatan untuk desain web. Ia berusaha memberikan pengalaman menonton dan interaksi yang optimal di berbagai perangkat,” (Wikipedia).

Apakah situs web berfungsi pada perangkat yang disukai pelanggan?

  • Search Engine Optimization (SEO): “Proses yang mempengaruhi visibilitas situs web atau halaman web melalui hasil mesin pencari (mis. Alami, organik) gratis,” (Cara Memesan SEO & Pemasaran).

Bisakah pelanggan menemukan situs web dalam hasil pencarian?

  • Konten dan Perpesanan: Pengguna sering tiba di situs untuk mencari jawaban atas pertanyaan tertentu. Oleh karena itu, teksnya harus dirancang dengan cara yang mudah dilihat, mudah dibaca, dan dimengerti.

Jika pengguna memiliki pertanyaan spesifik, apakah situs menawarkan jawaban yang jelas?

  • Tata Letak & Navigasi: Seberapa cepat dan mudah pengunjung dapat menemukan apa yang mereka cari melalui alat-alat seperti bilah navigasi, remah roti, menu, tombol, dll. Yang dirancang untuk membantu membimbing mereka ke tujuan mereka atau menjawab pertanyaan spesifik.

Bisakah orang menemukan apa yang mereka cari di situs web?

  • Kesalahan & Keefektifan: Ini mungkin merupakan ukuran dari berapa banyak kesalahan yang ditemui pengguna saat menggunakan situs web, berapa banyak kesalahan yang mereka lakukan dalam mengejar tujuan atau jawaban, dan berapa banyak dari mereka yang keluar dari situs tanpa menyelesaikan tujuan mereka dibandingkan dengan mereka yang melakukan sangat berhasil.

Seberapa efektifkah situs web untuk pengunjungnya?

  • Waktu Tugas & Ekspektasi: Pengukuran jumlah waktu yang dibutuhkan pengunjung untuk menyelesaikan tujuan mereka melalui situs web dibandingkan dengan harapan mereka (mis. Terlalu lama, lebih cepat dari yang diharapkan) pada waktu itu.

Seberapa efisien orang menggunakan situs web?

Ingatlah untuk menjaga kegunaan situs web sebagai pusat perencanaan online Anda dan untuk tetap mengingat pelanggan Anda. Selamat Komputasi!

  •  
  •  
  •