Belajar Digital Marketing di 5 Website Berikut

Tidak dapat dipungkiri bahwa era sekarang masuk era digital yang menjadi penghubung segala aspek kehidupan masyarakat. Salah satu aspek yang juga akhirnya menggunakan digital adalah bisnis, di mana saat ini teknik digital marketing sering kali digunakan. Terlebih lagi pada saat ini karena adanya pandemic Covid-19 yang membatasi mobilitas masyarakat. 

Menggunakan digital marketing untuk menyebarluaskan bisnis saat ini sangatlah efektif, apalagi masyarakat sebagian besar memakai internet. Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari teknik digital marketing, di mana Anda pun dapat mempelajari pemasaran digital ini di website-website yang direkomendasikan. 

Manfaat Digital Marketing 

Sebelum mencari di mana saja Anda dapat belajar digital marketing, maka hal pertama yang perlu untuk Anda pahami adalah manfaat apa saja yang akan didapatkan. Dengan melihat manfaatnya sendiri, maka Anda dapat mengetahui seberapa besar potensi yang terbuka untuk melakukan pemasaran secara digital. Berikut ini adalah manfaatnya: 

1. Pemasaran menjangkau online 

Manfaat pertama dari digital marketing sendiri adalah dapat menjangkau pemasaran secara online. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa saat ini hampir semua masyarakat menggunakan internet untuk menjalankan aktivitas, termasuk dalam berbelanja produk atau jasa. Tentu saja dengan menggunakan digital marketing maka pemasaran dapat menjangkau masyarakat yang memang saat ini lebih banyak memilih belanja online. 

2. Target pemasaran lebih tepat sasaran 

Dengan digital marketing, pemasaran yang Anda lakukan bisa langsung kepada target. Pelayanan jual beli pun bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat, di mana tentu saja konsumen sudah mengetahui segala informasi tentang produk Anda tanpa perlu dijelaskan kembali. Hal ini tentu saja akan memudahkan Anda untuk dapat menjual tanpa tatap muka dan produk terbeli dengan lebih cepat. 

3. Profit meningkat 

Luasnya jaringan internet pada saat ini juga akan berpengaruh pada profit ketika Anda menggunakan digital marketing.  Jangkauan yang tak terhingga tentu saja membuat Anda lebih mudah untuk mendapatkan konsumen. Hal ini tentu saja akan membuat penjualan meningkat dengan pesat. 

4. Evaluasi lebih mudah dijalankan 

Digital marketing memang mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing, di mana ini bisa menjadi salah satu cara Anda untuk mengevaluasi pemasaran yang dilakukan. Belum lagi para pesaing Anda juga menggunakan digital marketing, sehingga Anda dapat melihat apa saja kelebihan dari pesaing beserta kelemahannya. 

Dengan melihat manfaat tersebut, maka sudah pasti Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan yang banyak jika menggunakan digital marketing. 

5 Website Untuk Belajar Digital Marketing

digital marketing

Untuk belajar digital marketing Anda tidak harus datang ke kelas khusus, karena Anda juga bisa belajar di beberapa website yang memang memberikan informasi lengkap. Berikut ini adalah 5 website tentang digital marketing: 

1. Hubspot Academy 

Website yang satu ini menyediakan segala informasi tentang digital marketing dan dapat diakses secara gratis. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mengikuti kursus yang sudah disediakan. Segala macam teknik digital marketing dapat Anda pelajari dengan sangat mudah dan cepat. Bahkan beberapa kurusnya juga memberikan sertifikat yang tentu sudah diakui. 

2. Later 

Untuk Later sendiri lebih ke arah social media marketing, di mana Anda dapat mempelajari bagaimana membuat plan bisnis dengan Instagram dan Tik Tok. Tidak hanya itu saja, segala informasi sendiri dibuat dalam bentuk konten video atau artikel. Bahkan Anda dapat mengundung materi-materi dalam bentuk e-book secara gratis. 

3. Google Digital Garage 

Tidak ketinggalan, sebagai mesin pencari terbesar saat ini Google pun membuat kurus khusus untuk masyarakat yang memang ingin belajar digital marketing. Proses pembelajaran pun dalam bentuk video, di mana pada akhir video Anda akan diberikan kuis yang berhubungan dengan pembahasan dalam video. Anda juga bisa menerima sertifikat dari Google yang tentu saja sangatlah berharga nantinya. 

4. Semrush Academy 

Dalam digital marketing, SEO adalah hal yang paling utama. Di Semrush Academy sendiri Anda akan diajari bagaimana menjalankan, membuat serta menganalisa SEO. Ada beberapa kelas gratis yang bisa Anda ikuti, di mana tentu saja Anda akan diajarkan untuk menjadi seorang digital marketing yang handal. Semrush Academy sudah berdiri semenjak tahun 2008, sehingga semua materi yang ada sangatlah berbobot. 

5. Facebook Blueprint 

Jika sebelumnya Google yang menyediakan kelas digital marketing, maka Facebook pun juga memiliki kelas tersebut. Bernama Facebook Blueprint, di mana Anda akan belajar seluk beluk untuk bisa memasarkan produk dengan menggunakan platform media social tersebut. Semua materi dibagikan secara gratis dan Anda akan mendapatkan beberapa jenis topic materi yang bisa digunakan untuk melakukan pemasaran di Facebook. 

Itulah beberapa rekomendasi website digital marketing yang bisa Anda kunjungi untuk memperdalam pemasaran secara online ini. Perlu diingat bahwa marketing harus dapat mengikuti era yang sedang berkembang, di mana digital marketing pun juga seperti itu. Jadi, jangan lelah belajar. 

  •  
  •  
  •