Cara Bikin Website Dalam 3 Langkah Sederhana

dmstand.org – Digitalisasi semakin menuntut berbagai bisnis untuk mulai mengembangkan diri ke arah online. Salah satunya dengan menyediakan website agar produk dan jasa mereka lebih dikenal calon konsumen. Cara bikin website sendiri sudah semakin dimudahkan dengan hadirnya berbagai platform yang beragam saat ini.

Langkah Sederhana untuk Membuat Website

Sayangnya, masih banyak pengusaha yang enggan memulai digitalisasi bisnisnya dengan alasan tidak menguasai IT. Banyak dari mereka yang ragu memulai karena merasa awam dengan dunia intenet.  Padahal, prosedur pembuatan wesite sebenarnya cukup sederhana dimana Kamu sudah bisa memiliki website untuk membantu penjualanmu sendiri hanya dalam 3 langkah sederhana.

Nah, sebelum Kamu melangkah lebih jauh, ada yang perlu diapersepsikan bahwa disini kita akan membuat website menggunakan platform seperti wordpress ataupun CMS lainnya agar lebih mudah mengikuti panduan yang disediakan. Berikut prosedurnya

Menentukan Nama Domainmu

Apalah arti sebuah nama? Jangan salah. Justru langkah ini merupakan salah satu dari yang terpenting dari sebuah website dimana Kamu harus menentukan nama website yang harus sesuai dengan isinya. Dan ini wajib agar website lebih mudah diingat dan disebut oleh pengunjungnya. Dengan demikian, website Kamu bisa lebih mudah dibagikan di media sosial dan sebagainya.

Hosting

Hosting diibaratkan sebagai rumah untuk website Kamu yang digunakan untuk menyimpan berbagai konten yang aka dipajang di website. Kamu sebaaiknya memilih layanan yang berkualitas mulai dari kapasitas, bandwith, sistem cloud hosting yang diterapkan, jenis storage  yang kemudian disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Biaya bulanan hosting saat ini sudah semakin murah dengan kisaran mulai Rp 5ribu tentunya dengan. Meskipun Kamu bisa memilih hosting gratisan, namun untuk biaya yang sedemikian murahnya tentu sepadan dengan apa yang didapat.

Cara Bikin Website Dalam 3 Langkah Sederhana

Baca juga : 5+ Rekomendasi Skateboard Elektrik Terbaik

Setup

Usai berlangganan hosting, selanjutnya Kamu akan mendapatkan user login dan password member area dari penyedia layanan hosting. Selanjutnya, aktifkan website Kamu dengan mengakses  member area.

Berikutnya, Kamu bisa melihat ke menu service untuk melakukan login ke cpanel dan mulai mengatur website agar lebih sesuai dengan keinginan, diantaranya

  • Pasang sertifikat SSL untuk koneksi yang lebih aman
  • Pasang Softaculous untuk pengelolaan konten yang lebih efektif dan efisien
  • Kostumisasi melalui theme dan plugin

Selesai, demikianlah cara sederhana untuk membuat website yang mudah untuk dipelajari. Dengan mengikuti petunjuk yang ditampilkan pada interface setiap halaman pembuatan website tersebut, Kamu bisa menyelesaikan semuat tahap di atas hanya dalam hitungan menit. Nah, yang meungkin menyita waktu cukup lama adalah menentukan apa saja yang akan dipasang melalui Softaculous dan memilih theme maupun plugin. Bijaklah dalam memasang aplikasi dan menerapkan theme serta plugin, sebab salah-salah justru membuat website menjadi lemot atau membingungkan pengunjung. Selamat mencoba.

  •  
  •  
  •