Cara Install Worldpress di Subdomain (Hosting cPanel)

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana Cara install wordpress di subdomain hosting cPanel. Subdomain sendiri merupakan anak dari domain, atau dapat dikatakan cabang. Agar lebih mudah untuk mengetahuinya kita akan berikan contoh: website saya memiliki nama www.dmstand.org jika kita akan membuat subdomain (anak domain) maka kita dapat menaruh kata sebelum dmstand.com, kita taruh kata m.dmstand.com. m disitu berarti sub domain dari domain yang utama yaitu www.dmstand.com.

Cara Install Worldpress di Subdomain (Hosting cPanel)

  1. Akan muncul tampilan untuk hosting cpanel bagi kalian yang mengguakan hosting pada jenis linux/cpanel. Disitu akan memberikan berbagai macam tools untuk kalian yang akan membuat danmengelola hosting, dan buat kalian yang ingin memiliki sub domain disitu juaga telah disediakan
  2. Dalam membuat sub domain dalam hosing kalian dapat gubnakan tools yang ada pada kolom domain dan selanjutnya klik icon pada menu subdomain.
  3. Apabila kalian sudah klik icon subdomain nantinya kalian akan diarahkan pada halaman untuk membuat subdomain. Sebelum domain utama biasanya akan dibuat subdomain terlebih dahulu.
  4. Jika kalian sudah membuat subdomain dan sukses kalian bisa cek danmemastikan apakah domain yang telah kalian buat sudah dapat diakses dan terdapat pada di file manager. File manager sendiri digunakan untuk menampung file website pada hosting.
  5. Kalian bisa coba cek pada folder sub domain yang sudah kalian buat, Apa sudah sesuai secara teknis dan tampilannya.
  6. Setelah sukses pembuatan subdomain selanjutnya kalian bisa instalasi wordpress ke dalam subdomain yang sudah kalian buat. Dengan cara masuk pada tools Softaculous, sebagian hosting tidak ada tools ini, jika tidak ada terpaksa kalian install wordpress pada localhost. Kemudian masuk pada menu wordpress . Pilih choose domain pada saat instalasi kemudian pilih nama subdomain yang telah dibuat pada sebelumnya. Untuk direktori kalian bisa kosongkan karena kita instalasi pada subdomain tersebut. Isi semua kolom sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika sudah kalian dapat klik install pada menu button warna biru yang berada di bawah.
  7. Pastikan untuk koneksi internet dalam kondisi baik hingga instalasi selesai, karena pada proses install ini dilakukan secara online.
  8. Setelah proses penginstalan kalian akan dikirimkan informasi alamat url untuk aksesnya
  9. Jika kalian klik url untuk homepage kalian akan diarahkan pada halaman url subdomain, sedangkan jika kalian klik url dashboard adminkalian akan diarahkan pada menu admin.

Nah itulah Cara Install Worldpress di Subdomain (Hosting cPanel), semoga bermanfaat. Terimakasih !

  •  
  •  
  •  
  •