Cara Klaim Asuransi Prudential PRUprime Healthcare (PPH)

dmstand.org – Faktanya, kita menginginkan perawatan maksimal agar penyakit yang diderita bisa teratasi. Sayangnya rumah sakit lokal masih banyak yang belum memiliki teknologi mutakir sehingga dokter kerap menyarankan agar mengunjungi rumah sakit di luar negeri. Nah, tentunya mendapatkan perawatan di luar negeri sangat mahal, bukan? Namun Anda bisa saja lebih beruntung kalau bergabung dengan Prudential. Anda bisa juga melakukan klaim meskipun dirawat di luar negeri. Berikut adalah cara klaim asuransi prudential PRUprime Healthcare (PPH).

Prosedur Klaim PRUprime Healthcare (PPH)

  1. Lakukan konfirmasi kepada administrator pihak ke-tiga. Caranya mudah saja, Anda tinggal menghubungi nomor resmi di balik kartu member. Informasikan rencana perawatan dan juga dokter yang dituju melalui layanan ini. Tidak hanya itu, pastikan persyaratan berikut ini sudah dipenuhi:
  • Pastikan keaktifan status polis dan manfaat asuransi PPH
  • Rumah sakit yang dituju adalah rekanan Prudential
  • Pastikan status masa tunggu serta kondisi medis juga sudah berakhir
  • Informasikan perawatan yang pernah dilakukan sebelumnya ke administrator.
  1. Pada saat melakukan langkah pertama ini, pastikan mempersiapkan alamat email, nomor yang bisa dihubungi, dan nomor polis. Nantinya TPA akan melakukan konfirmasi dalam waktu 2×24 jam.
  2. Perlu diketahui, Anda juga bisa melakukan proses ini melalui Tenaga Pemasar. Ia akan membantu Anda melakukan prosedur di atas.
  3. Setelah itu, pihak TPA akan melakukan verifikasi awal kemudian mereka akan mengirimkan email berisi dokumen yang harus dilengkapi. Di sini, pastikan Anda segera mengisi dokumen serta melampirkan scanned passport agar proses berikutnya lancar.
  4. Setelah langkah sebelumnya sukses, TPA kembali akan jadwal mengkonfirmasikan rumah sakit yang dituju beserta detail lainnya. Mereka akan melakukan konfirmasikan informasi ini ke email dan telepon. Oleh karena itu, sering-seringlah cek email dan ponsel Anda.
  5. Ketika Anda sudah sampai di rumah sakit yang dituju, masuklah ke bagian Administrasi. Sebelum melakukan rawat inap, Anda akan diperiksa oleh dokter yang bekerja di bagian rawat jalan.

Catatan: pastikan Anda menyediakan cash, karena pemeriksaan di luar negeri umumnya tidak menerima metode pembayaran cashless.

Nah, apa bila ternyata benar Anda diwajibkan melakukan rawat inap, Anda bisa meminta pergantian. Untuk persyaratannya bisa dilihat di polis Anda. Nantinya bila pihak rumah sakit menyarankan rawat inap lanjutan, pihak rumah sakit nantinya yang mengirimkan dokumen ke TPA agar mendapatkan penjaminan. Nah, saat Anda sudah mendapatkan sudat penjaminan atau Letter of Guarantee, maka proses rawat inap sudah bisa dimulai.

  1. Setelah itu, pihak rumah sakit nanti akan meminta kartu kredit Anda untuk pre-authorization. Hal ini memang diperlukan karena sejatinya selalu terjadi selisih biaya rawat inap yang mana nantinya selisih tersebut akan dibayarkan melalui kartu kredit.

Nah, kalau Anda juga punya polis diluar Prudential, polis ini bisa dipakai untuk mengganti kelebihan diluar manfaat asuransi ini dengan klaim Coordination of Benefit. Pastikan selalu meminta kuitansi asli, karena nanti Anda diminta untuk melampirkan dokumen ini.

Agar proses rawat inap di luar negeri berjalan lancar, biasanya Anda akan disarankan hal berikut:

  • Memilih kamar sesuai dengan plan
  • Memilih kamar lengkap dengan akomodasi sesuai plan
  • Selisih biaya biasanya disebabkan oleh akomodasi, jasa perawatan, kamar dan perawatan.

Itulah prosedur rawat inap di luar negeri menggunakan asuransi Prudential.

 

Baca juga : Pengertian dan Konsep Digital Marketing Terbaik

 

  •  
  •  
  •