Cara Mendaftarkan Perusahaan Di Google Business dan Manfaatnya

dmsatnd.org – Kemajuan teknologi pada saat ini memang sangat membantu sekali untuk mengembangkan segala aspek kehidupan, termasuk memiliki peran besar untuk memperluas bisnis. Berbagai fasilitas dari media social hingga mesin pencari yang memang akan membantu bisnis untuk berkembang. Salah satu platform yang bisa Anda gunakan untuk memperluas bisnis adalah Google Business. 

Google Business sendiri adalah layanan yang disediakan oleh Google untuk memudahkan Anda dalam memasarkan usaha yang sedang dijalankan. Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dengan mendaftarkan perusahaan Anda di layanan ini. Sebelum mengetahui bagaimana cara mendaftar di Google Business, ada baiknya Anda lihat manfaat apa saja yang bisa didapatkan. 

Manfaat Mendaftarkan Perusahaan di Google Business 

Dengan mendaftarkan perusahaan di layanan Google Business aka nada manfaat yang bisa Anda terima, di mana tentu saja adanya perkembangan pesat untuk usaha Anda. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika bergabung dengan Google Business: 

  • Masuk ke Google Maps 

Sudah pasti semua layanan yang disediakan oleh Google akan terhubung satu sama lain, di mana dengan mendaftarkan perusahaan di Google Business maka secara otomatis alamat dan nama perusahaan akan masuk di Google Maps. Dengan masuk ke layanan Google tersebut, maka orang akan mudah mencari lokasi dari perusahaan Anda. 

Tidak hanya itu saja, di mesin pencarian Google pun perusahaan Anda akan sangat mudah ditemukan. Contohnya adalah jika perusahaan Anda termasuk dalam bidang jasa cuci motor, maka jika orang mencari jasa cuci motor maka nama tempat usaha Anda akan langsung keluar. Di mana orang juga akan mendapatkan informasi jam buka, lokasi hingga nomor yang bisa dihubungi. 

  • Terdapat review bisnis 

Salah satu fasilitas dari Google Business adalah review. Review ini sendiri diberikan oleh orang yang memang mengetahui bisnis Anda dari layanan tersebut, di mana semakin baik review yang diberikan maka orang akan semakin tertarik untuk membeli jasa atau barang yang Anda jual.

cara daftar google my business

Tentu saja ini menjadi salah satu nilai tambah agar bisnis dapat berkembang dan menjangkau target lebih luas lagi. 

  • Pengunjung akan bertambah 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di mana dengan menggunakan Google Business maka orang akan mengetahui lokasi tempat bisnis Anda dengan lebih mudah. Adanya hal tersebut maka akan ada banyak pengunjung yang datang. Semakin banyak pengunjung yang datang maka sudah dapat dipastikan penjualan akan semakin bertambah dan untung pun bisa diperoleh. 

Baca Juga : Mengenal Aplikasi Pinjaman Online yang Sudah Terdaftar di OJK

  • Informasi tentang bisnis akan lebih jelas 

Tidak hanya itu saja, manfaat selanjutnya yang juga sangat penting adalah para calon konsumen akan mengetahui informasi yang lebih dalam tentang usaha yang dijalankan. Di Google Business, Anda akan menjelaskan tentang perusahaan Anda secara lebih detail, di mana ini akan sangat membantu sekali untuk calon pembeli. 

Itulah manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan Google Business, di mana sudah terlihat jelas sekali bahwa layanan ini sangat membantu. Apalagi hampir semua orang sekarang sudah mendapatkan akses internet dengan sangat mudah. Jadi memang ada baiknya Anda mulai mendaftarkan perusahaan ke layanan Google ini. Di mana di bawah ini akan dijelaskan bagaimana caranya. 

Cara Mendaftarkan Perusahaan di Google Business

Bagi Anda yang memang ingin mengembangkan usaha dari Google Business, berikut ini adalah cara untuk mendaftarnya: 

  • Login ke akun Google 

Pertama-tama adalah masuk terlebih dahulu ke akun Google Anda. Apabila Anda belum mempunyai akun Google, Anda dapat membuatnya terlebih dahulu di email Gmail. Cara membuat akunnya pun mudah, apalagi dengan satu akun Gmail maka semua layanan Google dapat Anda akses dengan mudah. 

  • Masuk ke Google My Business 

Anda tinggal mengetik di mesin pencari Google dengan keyword Google My Business. Di mana Anda hanya perlu mengklik tombol “Kelola Sekarang” kemudian tunggu hingga terbuka. 

  • Jawab pertanyaan 

Langkah selanjutnya adalah Anda akan mengisi beberapa pertanyaan yang diberikan oleh Google Business yang berhubungan dengan bisnis yang akan didaftarkan. Daftar pertanyaannya sendiri adalah kategori bisnis apa yang dijalankan, nama bisnis, alamat, wilayah bisnis, kontak yang dapat dihubungi dan lain sebagainya. 

  • Isi alamat 

Jika sudah lengkap, maka selanjutnya yang perlu untuk Anda lakukan adalah mengirimkan alamat lengkap untuk mendapatkan kode verifikasi yang akan dikirimkan Google melalui pos. Alamat yang Anda berikan untuk mendapatkan kode verifikasi tidak akan ditampilkan di dalam Google Business. 

  • Isi data tambahan 

Apabila sudah, Anda bisa kembali ke dashboard Google Business dan mengisi beberapa informasi tambahan seperti jam buka serta nomor yang dapat dihubungi. Anda juga dapat menambahkan foto-foto yang sekiranya mendukung dalam bisnis Anda. 

Itulah cara mendaftarkan perusahaan di Google Business beserta dengan manfaat yang didapatkan. Perlu diingat pada poin 4, di mana Anda harus memasukan kode verifikasi yang telah dikirimkan oleh Google. Biasanya kode akan sampai ke alamat pengiriman kurang lebih 12 hari. Di mana jika sudah didapatkan, maka Anda hanya perlu memasukan kode tersebut. 

Caranya sendiri sangatlah mudah, yaitu dengan masuk ke akun Google Business Anda, lalu masuk ke Verifikasi Sekarang. Selanjutnya masukan 5 digit kode yang ada di dalam surat yang telah Anda terima lalu klik Submit. Secara otomatis maka perusahaan Anda sudah masuk ke daftar dan bisa dicari oleh semua orang. 

 

  •  
  •  
  •