Ciri Dan Contoh Teks Eksplanasi Yang Baik

Pernahkah anda membaca proses sebuah bencana alam yang dituliskan di media, bila anda perhatikan tentunya alur cerita mampu menggiring pembacanya hingga bisa merasakan kondisi di tempat tersebut. Itu merupakan teks eksplanasi, dimana teks eksplanasi ini mampu menjelaskan mengenai proses mengapa, bagimaina akan kejadian alam maupun kejadian lainnya. Bila anda tertarik untuk mempelajari teks ini, anda bisa mencari sumber dari https://www.dosenpendidikan.com/. Disana kami menjelaskan mendetail mengenai teks eksplanasi ini, sehingga anda bisa benar-benar memahaminya.

Ciri Dan Contoh Teks Eksplanasi Yang Baik

Suatu kejadian ntah itu kejadian yang diakibatkan oleh alam maupun sosial, akan selalu ada hubungan sebab akibat serta proses terjadinya kejadian tersebut. Lalu seperti apa ciri-ciri yang dimiliki teks eksplanasi ini, sehingga anda bisa mengerti akan teks ini.

Ciri-ciri teks eksplanasi

  • Teks eksplanasi menggunakan bahasan yang berdasarkan fakta lapangan, atau dalam media biasa disebut dengan factual.
  • Bahasan yang diangkat juga umumnya bersifat keilmuan, atau hal-hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Ntah itu fenomena alam, kejadian sosial ataupun hal lainnya.
  • Ketika anda sebagai pembaca membaca teks ekslanasi, anda tidak akan ikut atau terbawa oleh tulisan untuk memihak sebuah teori. Umumnya tulisan ini bersifat informative, sehingga tidak memiliki tujuan untuk membuat pembaca percaya akan tulisan tersebut.
  • Tulisan ini umumnya menggunakan kata penanda sebagai urutannya.
  • Tulisan berfokus kepada hal yang bersifat umum atau generic, bukan partisipan berupa manusia. Contohnya seperti bencana tsunami, longsor, banjir atau gempa bumi.

Agar anda semakin paham mengenai teks eksplanasi ini, berikut contoh teks eksplanasi yang bisa anda guankan sebagai contoh.

Longsor

Longsor adalah peristiwa geologi yang bisa terjadi karena adanya pergerakan masa batuan dan tanah kearah bawah, yang bentuk jatuhan tersebut bisa berupa batuan maupun gumpalan tanah. Secara umum, peristiwa longsor bisa disebabkan karena adanya dua faktor, yakni alami dan juga faktor sosial.

Penyebab alami longsor

Bila menelisik akan penyebab terjadinya longsor secara alami, longsor itu sendiri bisa terjadi karena beberapa faktor alam. Beberapa diantaranya adalah curah hujan yang cukup tinggi, adanya gempa bumi, terjadinya letusan gunung berapi, dan beberapa faktor lain yang mampu membuat lereng tidak stabil.

Baca juga : Memahami Apa yang Dapat Dilakukan Seorang Virtual Asisten untuk Bisnis Anda

Penyebab longsor karena faktor sosial

Bila pada faktor alam sudah disebutkan, maka disini faktor sosial juga berpengaruh akan terjadinya bencana longsor. Beberapa diantara penyebab terjadinya longsor adalah, alih fungsi lahan hijau menjadi lahan bangunan atau hunian. Selain itu, penebangan pohon secara besar-besaran juga mampu menjadikan longsor.

Itulah beberapa penjelasan mengenai teks eksplansi, tentunya sampai sini anda sudah sedikit paham mengenai apa maksut dan contoh teks eksplansi ini. Bila anda masih merasa bingung, anda bisa mengecek dan beragabung di situs dosen pendidikan.

  •  
  •  
  •