Keuntungan Membuat Chatbot WhatsApp untuk Bisnis Online

Bisnis online menjadi sangat marak digeluti oleh pengusaha di tengah pandemi ini, kendala pembatasan kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah membuat bisnis online semakin menjamur. Bisnis online ini diminati masyarakat dikarenakan kemudahan dalam pengelolaannya. Selain itu bisnis online tidak mengharuskan penjual mempunyai toko fisik yang membuat biaya operasi menjadi semakin ringan. 

Sebenarnya apa sih bisnis online itu? Bisnis online adalah penawaran barang ataupun jasa menggunakan media internet. Dengan begitu interaksi antara penjual dan juga pembeli terjadi di area online. Dengan bisnis online ini, area penjualannya jadi tidak terbatas. Banyak hal yang bisa ditawarkan di bisnis online ini, mulai dari barang fisik, jasa hingga produk digital. Dengan tidak adanya batas area penjualan, bisa jadi produk yang kita tawarkan bisa menembus ke pasar internasional. 

Kelebihan Bisnis Online 

Banyak kelebihan dan juga kemudahan yang ditawarkan dalam bisnis online. Hal itu yang membuat banyak orang kini mulai melirik bisnis online untuk bidang usaha yang digelutinya. Kelebihan dari bisnis online ini antara lain:

1. Fleksibel

Kelebihan dari bisnis online ini adalah karena kefleksibelannya. Bisnis online bisa dikerjakan kapanpun dan juga dimanapun tanpa harus dibatasi oleh adanya toko fisik. Yang kita perlukan hanyalah gadget yang terhubung dengan jaringan internet dan juga produk yang akan kita tawarkan. 

2. Modal kecil

Pad bisnis online kita tidak harus memikirkan modal yang begitu besar karena biaya sewa ruang usaha ataupun berbagai perlengkapan lain yang harus mengeluarkan biaya besar. Karena yang kita perlukan hanyalah koneksi internet, kita bahkan bisa memulai usaha dari rumah ataupun dari kamar sehingga tidak perlu untuk mengeluarkan biaya lebih hanya untuk sewa ruang usaha. 

3. Jangkauan pasar luas

Nilai plus dari bisnis online ini adalah jangkauan pasar yang tidak terbatas. Bisa jadi produk yang kita tawarkan diminati oleh pasar luar negeri yang malah bisa meningkatkan omset dari bisnis kita.

Kelemahan Bisnis Online

Selain kelebihan, bisnis online tentu saja juga memiliki kelemahan. Apa saja kelemahan dari bisnis online?

1. Persaingan ketat

Karena banyaknya pengusaha yang menjual produk yang sama dan juga jangkauan area yang tidak terbatas, maka persaingan yang ada di bisnis online sangatlah ketat. Sering sekali terjadi perang harga yang membuat pengusaha bisnis online pemula sering jatuh.

2. Penipuan

Sangat marak sekali terjadi kasus penipuan di bisnis online. Hal itu terjadi karena banyak yang tergiur oleh produk yang berharga sangat miring tapi dari penjual yang tidak jelas. Oleh karena itu kita jangan langsung tergiur dengan produk yang harganya tidak masuk akal untuk menghindari penipuan. Cek juga kejelasan dari produsen untuk mengetahui apakah itu penipuan atau bukan.

3. Butuh skill dan pengetahuan.

Untuk menjalankan bisnis online dibutuhkan pengetahuan dan juga skill yang memadai agar usaha tersebut bisa terus berkembang. Tanpa adanya skill dan pengetahuan yang terus dipelajari, bisnis online yang kita jalankan akan berjalan ditempat atau bahkan tergerus oleh kompetitor lain dengan skill dan pengetahuan yang lebih fresh.

4. Jangkauan internet belum merata

Walaupun pasar dari bisnis online ini tidak terbatas, jangkauan internet masih tetap jadi kendala dari bisnis online. Kita kesulitan untuk menjangkau wilayah pelosok yang mungkin masih kesulitan untuk mendapatkan jaringan internet dan juga orang-orang yang belum mengenal internet dengan baik.

Karena bisnis online tidak mengenal waktu dalam prosesnya, satu hal yang menjadi sangat vital dari bisnis online ini adalah respon dari penjual ketika ada seseorang menanyakan suatu produk ataupun berminat untuk membeli. Semakin baik respon dari si penjual, nilai kepercayaan dari si pembeli akan semakin baik. Hal ini yang kadang membuat para pebisnis kewalahan untuk merespon setiap pesan yang ada. 

Kelebihan Chatbot WhatsApp untuk Bisnis Online 

Ada banyak cara yang bisa membantu untuk meringankan para pebisnis untuk merespon pesan dari calon pembeli. Salah satu yang bisa dilakukan adalah menggunakan chatbot. Apa itu chatbot? Chatbot adalah sebuah program yang bisa digunakan untuk membantu menjawab pesan melalui pesan teks, gambar, maupun suara. Ada beberapa chatbot yang bisa dipakai diantaranya adalah Chatbot whatsapp. Apa keuntungan menggunakan chatbot whatsapp untuk bisnis online?

1. Aktif 24 jam

Dengan chatbot whatsapp, bisnis online kita jadi bisa standby selama 24 jam. Chatbot akan langsung merespon menjawab pesan bila ada pelanggan yang butuh bantuan. Keberadaan chatbot bisa mempersingkat waktu dari pelanggan yang menunggu balasan chat.

2. End-to-End Encryption

Sebagai fitur yang terjaga keamanan dan kepercayaannya, hanya pengguna yang dapat melihat apa isi pesan dari chatbot

3. Auto reply

Ada fitur jawab otomatis yang bisa kita setting pada chatbot Whatsapp. Isi pesannya pun bisa kita setting sendiri seperti sambutan, informasi produk, info transaksi atau hal-hal yang membantu penjualan lainnya.

4. Broadcast

Dengan fitur ini kerja customer service ataupun admin bisa semakin mudah Karena kita bisa langsung mengirimkan info kepada pelanggan maupun calon pelanggan dengan fitur broadcast tanpa harus mengirim secara manual satu persatu.

5. Feedback

Ada fitur feedback yang bisa kita manfaatkan untuk survey kepuasan dari pelanggan untuk peningkatan layanan usaha kita. Dengan chatbot kita bisa mengumpulkan umpan balik dari pelanggan langsung melalui chat yang bisa mempermudah bagi konsumen dalam berkomunikasi. 

Dengan mengintegrasikan chatbot Whatsapp untuk bisnis online, kita dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan maupun calon pelanggan yang akan datang. Dengan begitu usaha bisnis online kita akan menghasilkan banyak keuntungan dan berkembang dengan pesat.