Manfaat Menjalankan Strategi Email Marketing Bagi Bisnis

Seorang pemasar yang lihai tentu akan melihat berbagai macam potensi  – potensi mengenai konsep strategi – strategi pemasaran yang akan dijalankan. Salah satunya dengan menjalankan strategi email marketing bagi bisnis – bisnis yang akan dijalankan. Banyak orang yang mungkin masih kebingungan untuk beberapa kegunaan yang di dapat dengan menggunakan strategi email marketing. 

Seperti yang kita ketahui bersama pasar merupakan tempat (ruang nyata dan tidak nyata) bertemunya antara  penjual dan pembeli, sedangkan pemasaran adalah merupakan upaya kegiatan penjual atau produsen membawa produk (barang atau jasa)  menuju pasar untuk mendapatkan pembeli. 

Menurut Philip serta Duncan pemasaran yaitu meliputi seluruh langkah yang  dibutuhkan atau digunakan untuk menempatkan sebuah barang yang memiliki sifat tangible ke konsumen. Tangible dalam hal ini bisa diartikan bahwa kemampuan sebuah produk atau perusahaan untuk menyajikan pelayanan prima bagi seluruh pelanggan secara konkret. 

Artinya kualitas yang dimiliki dan disajikan dapat dirasakan secara nyata oleh pelanggan bukan secara asal asalan. Jadi, garis besarnya menurut Philip Kotler definisi pemasaran adalah suatu kegiatan atau proses sosial yang didalamnya individu maupun kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk yang mempunyai nilai dengan pihak lain. 

Strategi Pemasaran di Era Sekarang

Melihat perkembangan zaman pada saat sekarang orientasi perkembangan pemasaran adalah  semakin menuju pada tingkat kepuasan konsumen maupun pelanggan sedangkan di jaman dulu masih berorientasi pada kuantitas penjualan. 

Apabila sudah puas pelanggan secara tidak langsung akan berdampak positif terhadap produk kita, mereka akan loyal, melakukan pembelian berulang – ulang, positive word of mouth komentar yang baik akan diucapkan dan tanpa sadar bisa disebarkan secara langsung baik oleh konsumen maupun pelanggan serta memberikan kritik atau perhatian secara kontinuitas kepada produk kita. 

Strategi pemasaran sangat diperlukan di era sekarang karena banyak nya pesaing yang tidak kalah hebatnya dalam memonitoring pemasarannya sendiri. Beberapa macam strategi pemasaran yaitu 

  1. Bauran Pemasaran mix marketing, kegiatan atau proses menciptakan atau membuat produk, menetapkan harga, mengkomunikasikan, dan menyalurkan produk sampai konsumen.
  2. Promosi, melakukan kegiatan promo dari advertising, personal selling, digital marketing, public relation, direct marketing.
  3. Segmenting, kegiatan atau tindakan yang mengklasifikasikan pasar ke dalam kelompok – kelompok dalam beberapa kategori geografis, demografis, psikografis, dan perilaku.
  4. Targeting, memilih salah satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki, pasar merupakan kumpulan semua pembeli aktual (sekumpulan orang (konsumen) yang membeli dan mengkonsumsi suatu produk) dengan pembeli potensial (sekumpulan orang (konsumen) yang mempunyai tingkatan minat tertentu terhadap penawaran suatu produk.
  5. Positioning, segala upaya untuk mendesain produk serta merek agar dapat menempati posisi yang unik pada benak konsumen.
  6. Diferensiasi, di era sekarang tidak hanya diterapkan pada satu produk saja namun sudah diterapkan pada strategi pemasaran atau pun strategi produknya agar menjadi pembeda yang mempunyai ciri khas tersendiri.
  7. CSR, customer relationship management menurut Kotler & Amstrong yaitu pola membangun dan memberikan produk yang sangat bernilai untuk konsumen sehingga konsumen menjadi puas.

Manfaat Strategi Email Marketing

Dari paparan strategi pemasaran diatas kita kembali pada pembahasan terkait dengan email marketing. Email marketing sejauh ini merupakan metode pemasaran langsung atau direct marketing point nomor 2 diatas tentang promosi yang memuat pesan kalimat – kalimat komersial baik kepada grup atau orang – orang tertentu. Kalimat – kalimat ini biasanya berisi pesan iklan, proposal bisnis dan hal – hal yang dimaksudkan untuk pengenalan produk dari itulah nanti dapat membangun kepercayaan dan loyalitas dari penerima email. 

Beberapa manfaat yang didapat ketika kita melakukan strategi email marketing.

1. Efektif dan Efisien

Penggunaan strategi marketing melalui surel (surat elektronik) tidak banyak mengocek uang yang terlalu dalam serta mudah dilakukan efisien dalam anggaran karena dalam bisnis online ini email marketing menjadi sarana promosi yang tepat dan memiliki prospek yang sangat panjangs eiring berjalannya era serba digital ini serta efektif dapat menjangkau banyak kalangan karena umumnya banyak orang yang membuka email pribadi atau kantor mereka setiap hari. Ketika membuka surel promosi yang dikirimkan akan membuat mereka penasaran dan pada akhirnya membuka surel yang masuk dan responnya lebih baik dibanding dengan cara promosi lainnya.

2. Promosi sesuai Target

Karena bersifat personal atau pribadi. Hal tersebut akan memberikan pengaruh kepada penerima surel, karena apabila calon pelanggan merasa nyaman dengan tawaran surel yang anda kirim, maka kedepannya anda akan terasa lebih mudah untuk menawarkan apapun pada mereka yang ditawarkan via email yang anda kirimkan.

3. Customer Relationship , hal yang bersifat personal ini tentunya tetap didorong sehingga akan menjadikan pijakan yang bagus dalam menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan.