Mengenal Perbedaan Digital Marketing dan Traditional Marketing

Pemasaran atau marketing merupakan proses dalam memperkenalkan suatu produk agar diminati para pembeli, yang mana tidak hanya melakukan pengenalan terhadap produk tersebut tetapi juga memiliki strategi untuk pemasarannya. Kemajuan teknologi pada saat ini membuat tren pemasaran telah berubah dengan cepat dimana dapat melakukan pemasaran secara Digital Marketing berupa situs e-commerce, iklan google, serta email pada suatu platform yang dapat memiliki peminat yang tinggi.

Pemasaran dapat dilakukan secara tradisional maupun digital, yang mana memiliki beberapa perbedaan pada segi media yang akan digunakan. Pemasaran secara tradisional menggunakan media maupun saluran yang masih bersifat tradisional, meskipun memiliki perbedaan yang signifikan maka dari itu agar Anda dapat mengenal perbedaanya, berikut beberapa perbedaan yang ada pada pemasaran digital serta tradisional di bawah ini.

Keunggulan Traditional Marketing

Traditional marketing terlihat menjadi hal kuno dikarenakan adanya kehadiran dari digital marketing, akan tetapi strategi dari traditional marketing ini tidak bisa diremehkan, sebab traditional marketing sendiri masih efektif bagi beberapa para kalangan konsumen. Seperti contohnya konsumen yang sering menghabiskan waktu untuk berkumpul di depan tv hingga konsumen yang rutin berlangganan suatu Koran. Berikut ini merupakan beberapa traditional marketing, yaitu:

  1. Dapat dengan Mudah untuk Dimengerti

Pemasaran dari traditional marketing dapat dengan lebih mudah untuk dicerna apabila dibanding oleh digital marketing,  seperti halnya pada suatu baliho yang terlihat mencolok yang berada pada pinggir jalan yang memiliki tulisan berisi kalimat yang dapat dengan mudah untuk dimengerti walaupun hanya terlihat secara sepintas. Yang mana biasanya memiliki kalimat yang sudah sering diketahui, Anda pun dirasa sudah sangat memahami apa yang akan disampaikan oleh baliho.

  1. Bersifat Permanen

Sesuai dengan yang dijelaskan sebelumnya, materi promosi lewat traditional marketing umumnya lebih bersifat fisik atau cetakan. Itu berarti, materi promosi dengan cara tradisional marketing mempunyai sifat tidak mudah hilang atau bersifat permanen. Materi promosi seperti atau jenis media cetak lain hanya akan hilang apabila telah melewati proses daur ulang.

  1. Jauh Lebih Berkesan

Para konsumen tentu akan mendapatkan kesan yang lebih menempel apabila mereka melihat langsung materi promosi secara nyata atau dalam bentuk fisik, dan bahkan para konsumen berkemungkinan mau meluangkan waktu sejenak untuk  membaca dan memperhatikan materi promosi tersebut dengan lebih detail. Sama halnya, apabila Anda melihat sesuatu apapun itu dengan cara langsung pasti akan jauh lebih mudah dipahami dan diingat. Nah, kondisi ini tentu berbeda jauh dengan materi promosi yang ada di dunia digital yang biasanya hanya sekedar lewat dan menjadikannya mudah untuk dilupakan.

Keunggulan Digital Marketing

digital marketing

Walaupun tradisional marketing memiliki beberapa jenis keunggulan yang dapat memberi kesan jauh lebih baik bagi konsumen, namun harus disadari juga bahwa orang-orang saat ini hidup di era yang semuanya serba digital, dan pemanfaatan jaringan internet beserta perangkat canggih lainnya terbilang sangat efektif untuk memperluas jaringan bisnis. Supaya tidak penasaran, berikut pembahasan terkait keunggulan digital marketing perlu Anda ketahui.

  1. Memiliki Jangkauan Lebih Luas

Lain halnya dengan sistem traditional marketing, metode digital marketing mempunyai jangkau yang begitu luas dan jauh, Anda bukan hanya dapat menjangkau wilayah antar kota saja, melainkan antar wilayah Indonesia atau bahkan ke seluruh tempat yang ada di dunia. Apalagi jika konten promosi yang sudah Anda buat berhasil memperoleh komentar positif dan diterima banyak orang, hal ini bisa menjamin kesuksesan visi misi Anda.

  1. Efektivitas Promosi Bisa Diukur

Dimana yang Anda ketahui bahwa digital marketing didukung oleh sistem canggih dan modern, hal ini juga yang menjadi alasan bagi Anda untuk dengan mudah mengukur seberapa efektif promosi yang telah Anda jalankan. Dengan begitu, Anda bisa melakukan evaluasi terkait strategi promosi lewat teknologi yang sangat mudah untuk dipraktekkan ini.

  1. Target Pasar yang Lebih Tepat Sasaran

Apakah Anda menyadari bahwa melakukan promosi lewat digital marketing sangat memungkinkan dalam menemukan target yang tepat sasaran ? dan bahkan, Anda dapat mencari target pasar berdasarkan kriteria atau kategori khusu, seperti usia, pendidikan, demografi atau bahkan jenis kelamin seseorang. Kondisi ini secara otomatis membuat strategi promosi menjadi lebih efektif, efisien dan tepat sasaran.

  1. Bisa Melakukan Interaksi Langsung

Lain halnya dengan metode traditional marketing, lewat digital marketing sangat memungkinkan para calon konsumen ke pelaku bisnis melakukan interaksi secara langsung. Dalam hal ini terdapat berbagai bentuk interaksi dan wadahnya, mulai dari komentar di kolom komentar pada laman website atau mengirimkan pesan lewat direct message. Hal ini tentu sangat membantu para konsumen nantinya, apabila dari mereka ingin mengetahui lebih lanjut terkait konten yang sedang Anda iklankan.

  •  
  •  
  •