Mengenal Ruang Lingkup Pekerjaan Spesialis Sosial Media

Social Media Specialist

Dengan berkembang nya teknologi saat ini membuat kita dengan mudah mengetahui segala hal yang terjadi di sekitar kita hanya dengan melalui telepon pintar. Tentu hal tersebut tidak lepas dari peran sosial media yang saat ini sudah banyak dimiliki oleh sebagian besar manusia di bumi. Dengan sosial media kita bisa lebih mudah untuk berkomunikasi maupun mendapatkan informasi paling terbaru yang ada disekitar kita.

Bahkan sosial media juga dimanfaatkan oleh banyak perusahaan untuk memasarkan produk atau jasa mereka secara digital dan global. Dengan begitu mereka dapat dengan mudah menjangkau lebih banyak konsumen dari seluruh belahan dunia. Jika kita berbicara mengenai sosial media ada beberapa pekerjaan yang yang berhubungan dengan sosial media dan bisa kalian jadikan pilihan dalam mendapatkan pekerjaan.

Beberapa pekerjaan yang tidak lepas dari media yang banyak kita jumpai di beberapa tempat antara lain, admin sosial media, officer media sosial, manajer sosial media hingga spesialis sosial media dan lainnya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seperti apa ruang lingkup specialist media sosial yang bekerja pada suatu perusahaan.

Apa itu spesialis sosial media ?

Dalam dunia digital marketing tentu kita sering memanfaatkan media sosial sebagai media untuk memasarkan produk, jasa maupun layanan secara online. Selain itu dengan media sosial juga kita bisa lebih dekat dengan konsumen. Dalam konteks perusahaan spesialis sosial media adalah orang yang bertanggung jawab mengurus segala hal yang berkaitan dengan sosial media perusahaan tersebut. 

Mulai dari memposting, mengedit, serta meninggalkan komen pada sebuah konten yang dibagikan. Tentu pekerjaan seorang spesialis sosial media tidak hanya memposting dan membalas komen, namun setiap langkah yang diambil diperhitungkan dengan benar serta sudah terkalkulasi dengan baik. Tujuannya agar setiap konten yang dibagikan dapat menjangkau konsumen tepat sasaran di berbagai media sosial yang ada.

Dengan melakukan riset terlebih dahulu, seorang spesialis sosial media akan mampu memprediksi jumlah traffic kunjungan pada setiap akun media sosial yang ada. Seorang spesialis media sosial bertanggung jawab dalam setiap konten yang dibagikan mulai dari analisa, evaluasi, potingan, interaksi hingga meningkatkan brand serta kepercayaan pelanggan terhadap sebuah produk atau perusahaan.

Apa saja peran dan tanggung jawab seorang spesialis media sosial ?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa peran dan tugas seorang spesialis media sosial tidak hanya sebatas mengupload, mengedit dan membalas komen, namun juga ada beberapa tugas dan tanggung jawab yang perlu diperhatikan. Seorang yang berprofesi sebagai spesialis media sosial harus memahami segala seluk beluk sosial media yang pegang mulai dari fitur hingga algoritma sosial media yang berkembang.

Tentu juga seorang spesialis harus mengetahui setiap informasi yang sedang hangat dan update yang ada pada sosial media agar tidak ketinggalan trend terbaru. Selain seorang spesialis juga bertugas untuk memantau kompetitor serta mengevaluasi setiap hal yang berhubungan dengan sosial media yang ada. 

Selain itu sebagai seorang spesialis Anda juga dituntut untuk mampu meningkatkan brand serta kepercayaan konsumen terhadap perusahaan Anda dengan membagun kredibiltas yang dapat dipercaya. Agar perusahaan Anda dapat ditemukan dan mudah dikenali banyak orang, sebagai seorang specialist Anda juga dituntut untuk membangun koneksi ke berbagai kalangan masyarakat. 

Siapa saja yang bisa menjadi seorang spesialis sosial media ?

Agar dapat menjadi seorang spesialis sosial media, tentu Anda harus memiliki pengetahuan akan setiap media sosial yang ramai dipakai masyarakat kita. Tidak hanya itu, Anda juga harus selalu update tentang tren yang ada di media sosial. Sebab sebagai seorang spesialis, Anda tidak hanya memposting dan membalas komen namun ada banyak variabel yang diperlukan dalam mengurus sebuah media sosial khususnya untuk sebuah perusahaan.

Selain memiliki ketertarikan pada sosial media, Anda juga diharuskan memiliki kemampuan dalam tulis ataupun memilih gambar atau video dalam membuat suatu kampanye atau konten. Tentu hal tersebut bertujuan agar dapat menarik lebih banyak pelanggan yang datang ke website atau sosial media perusahaan.

Bagi Anda yang berminat bekerja sebagai seorang spesialis media sosial Anda juga harus memiliki keahlian lain seperti kemampuan dalam marketing. Mulai dari memposting, demonstrasi produk, promosi, serta mengatur taktik pemasaran  hingga mengontrol penjualan produk ataupun jasa perusahaan tersebut.

Tentu menjadi seorang spesialis juga memiliki tantangan tersendiri selain harus memiliki pengetahuan akan setiap sosial media, pengetahuan akan digital marketing, dan terakhir kemampuan dalam menjaga klien ataupun konsumen. Dengan memposting suatu brand ataupun produk pada sosial media, akan membuat produk lebih cepat diketahui dan mendapatkan respon baik ataupun buruk.

Di media sosial kritik pada sebuah produk dapat diketahui dengan mudah. Tantangan seorang spesialis adalah menjaga agar kritik jelek dapat ditangani dengan baik agar brand produk ataupun perusahaan tersebut tidak jatuh dan di cap jelek oleh pengguna media sosial lainnya.

  •  
  •  
  •