Perbedaan antara Digital Marketing dengan Internet Marketing

Pernahkah kalian mendengar istilah internet marketing? Lalu pernahkah juga mendengar istilah digital marketing? Apakah kedua istilah tadi berhubungan dan memiliki satu pengertian? Atau masing-masing berbeda? Sering kali kita mendengr dua istilah tadi akhir-akhir ini karena ditujukan pada sebuah kegiatan atau aktivitas yang berhubungan dengan dunia digital termasuk internet di dalamnya. Seperti apa penjelasan detailnya? mari kita simak uraiannya.

  1. Digital Marketing

Digital Marketing adalah satu kesinambungan dari proses marketing atau pemasaran yang menggunakan semua dari produk digital yang ada guna mempromosikan produk ataupun jasa. Kehadiran era dari digital marketing itu sendiri sering disebut-sebut sebagai perubahan dari konsep pemasaran dengan metode lama atau tradisional seperti misalnya iklan yang ada di majalah, surat kabar, dan lainnya menuju iklan melalui digital seperti di sosial media, iklan digital dan sebagainya.

Perbedaan antara Digital Marketing dengan Internal Marketing

Sedangkan untuk saluran atau produk digital marketing itu diantaranya adalah website, aplikasi yang berbasis pada sosial media, email marketing, marketing via perangkat jenis mobile, Billboard atau papan iklan, banner, SEO dan lain sebagainya yang berkaitan dengan digital.

  1. Internet Marketing

Sedangkan untuk Internet Marketing adalah bagian paling penting dari digital marketing karena memang merupakan bagian dari digital marketing itu sendiri. Mengapa disebut paling penting? Karena hampir sebagian besar biaya dari digital marketing serta seluruh kegiatan yang ada di dalamnya dilakukan melalui internet marketing.

Perbedaan antara Digital Marketing vs Internal Marketing

Lalu apa saja yang menjadi produk dari internet marketing? Berikut ini adalah diantaranya :

  • Website, baik melalui website pribadi atau website perusahaan tentunya memiliki tujuan yang hampir sama yaitu dengan promosi melalui internet marketing diharapkan bisa memiliki banyak pengunjung.
  • Sosial Media Marketing (SMM), marketing melalui sosial media juga merupakan bagian dari internet marketing. Dengan perhatian yang sangat luas dari masyarakat di dunia pada sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya menjadikan sosial media sebagai bagian dari kampanye digital oleh para pelaku digital marketing.
  • Search Engine Marketing (SEM), terdapat dua aktivitas utama dari aktivitas ini yaitu SEO dan PSA. SEO adalah Search Engine Optimization yaitu teknik dalam mengoptimasi sebuah kata kunci atau keyword untuk bisa berada di posisi paling atas di mesin pencari. Sedangkan PSA adalah Paid Search Advertising yaitu sebuah aktivitas yang dilakukan berupa memasang iklan di sebuah mesin pencari dengan tujuan untuk mendatangkan pengunjung. Metode yang umum digunakan adalah PPC atau Pay Per Click dengan tool yang digunakan adalah Google Adwords.

Itu tadi sedikit penjelasan tentang digital marketing dan internet marketing, apa kalian tertarik untuk mempelajarinya? Selamat mencoba ya.

 

 

  •  
  •  
  •  
  •