Skill yang Harus Dimiliki Digital Marketer

Sekarang dunia sudah semakin bergerak ke zona digital. Hal yang sangat dirasakan yaitu semakin banyaknya perusahaan-perusahaan melakukan kegiatan pemasaran menggunakan media digital yang biasa kita kenal dengan digital marketing. Semua orang yang terjun dalam bidang ini wajib mengetahui beberapa kemampuan dasar supaya bisa sukses dalam upaya memasarkan jasa dan produknya. 

Nah, bila Anda merupakan fresh graduate lalu ingin berkarir pada bidang ini, tentu saja Anda wajib menguasai sejumlah kemampuan dasar tersebut. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas enam kemampuan yang wajib dimiliki untuk bisa bekerja di bidang digital marketing. 

1. Kuasai prinsip SEO 

Skill utama yang harus Anda kuasai untuk berkarir di dunia ini yaitu dengan memahami prinsip dasar di SEO atau Search Engine Optimization. Sesuai dengan namanya, biasanya SEO ini dipakai untuk mengoptimalkan posisi dari website yang Anda punya di mesin pencarian. 

Sebagai awalan, Anda wajib tahu cara kerja dari keyword untuk meningkatkan traffic di sebuah website. Oleh sebab itu, Anda harus research keyword dengan pencarian tertinggi. Terdapat banyak sekali website yang dapat Anda pakai untuk melakukan proses keyword research seperti KWFinder, Ahrefs, Google Keyword Planner dan website yang lainnya. 

Apabila Anda mempunyai pengetahuan secara teori dan juga memiliki pengalaman di SEO, Anda dapat memulai terjun di bidang digital marketing ini sebagai SEO Specialist. 

2. Mampu menulis 

Salah satu hal yang tidak kalah pentingnya untuk mulai berkarir di bidang digital marketing yaitu kemampuan untuk menulis dan bercerita atau biasa yang dikenal dengan storytelling dan copywriting. Makin berkualitas konten yang Anda buat serta penyampaiannya sangat menarik, pastinya bisa membuat menarik perhatian pembacanya. 

Skill menulis ini tak dapat tiba-tiba muncul. Oleh sebab itu, Anda wajib memulainya sejak dini. Tidak hanya harus terbiasa membaca, ada beberapa cara seperti membuat tulisan di blog pribadi dan menulis ide atau cerita yang Anda miliki. Kirimkan tulisan ke media lainnya sehingga dapat membantu Anda untuk memperdalam kemampuan ini. 

Apabila Anda merasa unggul di bidang ini, Anda dapat mulai untuk berkarir menjadi Content Writer.

3. Analisis data 

Skill selanjutnya yang melekat dari bidang digital marketing ini yaitu kemampuan untuk menganalisis data. Tentu saja kemampuan ini penting sekali untuk Anda miliki, sebab data yang ada saat Anda bekerja menjadi digital marketing bisa sangat melimpah. Ada juga tools yang biasa dipakai di digital marketing yaitu Google Analytics. 

Google Analytics menawarkan sejumlah informasi yang berhubungan dengan kegiatan dari sebuah website. Dengan menggunakan tools ini, Anda dengan mudah mengetahui data yang berhubungan dengan session duration, bounce rate, pages per session dan lainnya. 

Di seluruh data yang tersedia, Anda juga dapat mengetahui kebiasaan dari para pengunjung website sampai Anda dapat mengelola strategi untuk bisa meningkatkan conversion di website Anda. Jika Anda merasa cocok di bidang ini, Anda dapat bekerja menjadi Data Analyst. 

4. Kuasai sosial media

Pada digital marketing, website tidak menjadi satu-satunya media yang dapat Anda pakai untuk melakukan pemasaran. Kegiatan promosi di sosial media juga merupakan hal yang harus dilakukan oleh orang yang terjun di bidang ini. Sosial media dipakai mulai dari membuat awareness untuk produk yang sedang dipasarkan sampai menarik para calon pembeli untuk berkunjung ke halaman Anda dan melakukan transaksi. 

Anda juga dapat memakai sejumlah platform sosial media seperti Instagram, Twitter dan Facebook untuk melakukan promosi produk Anda kepada pengguna lainnya. Terlebih lagi platform ini sudah memberikan fasilitas seperti akun bisnis dengan banyak kelebihan di dalamnya yang tidak dipunyai oleh akun biasa. 

Anda juga dapat mengelola target audiens agar bisa menyesuaikan profil para pengguna sosial media dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Bila Anda menguasai hal ini, Anda bisa mulai untuk berkarir menjadi social media specialist. 

5. Mudah belajar dengan cepat

Dinamika dan perkembangan pada digital marketing sangat cepat berlangsung. Ini bisa terjadi karena banyak tool, media dan platform yang dipakai untuk kegiatan digital marketing ini Tentu saja banyak platform dan tool yang bertambah di setiap harinya. 

Oleh sebab itu, menjadi digital marketer wajib bisa belajar dengan cepat. Skill adaptasi juga sangat diperlukan supaya Anda dapat memahami tidak hanya dari perubahan platform dan tool nya saja, namun pada perubahan perilaku dari konsumennya.  Anda juga harus selalu menambah kemampuan baru untuk meningkatkan kualitas menjadi seorang digital marketer handal.

6. Pendengar yang baik 

Tidak hanya wajib menguasai hardskill saja, soft skill juga harus dimiliki jika ingin berkarir di bidang ini. Anda harus mampu mengetahui kebutuhan dan keinginan dari para konsumen. Oleh karena itu, harus menjadi pendengar yang baik.