Trend-trend Digital Marketing yang Mungkin Bakal Terjadi di 2022

Digital marketing kini menjadi salah satu senjata dari pengusaha yang mulai merambah pada bisnis online. Keberadaannya mutlak diperlukan untuk mendongkrak brand dan juga penjualan produk. Sebenarnya apa sih digital marketing itu? Dan kenapa keberadaannya sangat diperlukan dalam usaha?

Digital marketing adalah suatu kegiatan promosi ataupun penjualan suatu produk dengan menggunakan media internet maupun secara digital. Tujuan utama dari digital marketing promosi yang lebih luas dan lebih dekat kepada konsumen agar bisa menarik konsumen dan juga calon konsumen dengan lebih cepat. 

Dulu digital marketing sering dilakukan dengan iklan di televisi maupun radio. Kini dengan ketergantungan masyarakat era ini dengan internet, digital marketing mulai merambah masuk untuk menjaring konsumen di dunia internet. Karena dengan begitu, tentu saja akan lebih mudah mendekatkan brand serta promosi produk kepada masyarakat. 

Ada beberapa contoh digital marketing yang kini sudah tidak asing lagi bagi kita:

  • Iklan Televisi dan radio
  • Facebook Ads
  • Google Ads
  • Iklan broadcast pesan
  • Iklan Videotron
  • Endorse artis

Kelebihan Digital Marketing

Masih banyak juga digital marketing lain yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam berkompetisi menjaring konsumen di area digital. Selain untuk menjaring konsumen di dunia digital, digital marketing juga punya kelebihan yang penting untuk perusahaan lho. kelebihan dari digital marketing antara lain:

1. Jangkauan luas

Dengan pemasaran secara digital, kita bisa menjangkau pasar yang jauh lebih luas dibandingkan dengan pemasaran secara tradisional yang terbentur jarak dan waktu.  

2. Murah dan efektif

Pemasaran secara digital jauh lebih murah dan efisien karena bisa menjangkau pasar yang lebih luas dengan biaya yang lebih sedikit dibanding pemasaran secara tradisional. 

3. Mudah di evaluasi

Dengan media online, pemasaran digital bisa lebih mudah dievaluasi dengan membandingkan jumlah yang melihat, feedback dari pasar dan juga jumlah penjualan sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk strategi digital marketing berikutnya.

4. Lebih tepat sasaran

Dengan menggunakan pemasaran secara digital, kita bisa memilih konsumen yang akan disasar dengan lebih spesifik agar pemasaran kita lebih berhasil. 

Trend Dunia Digital Marketing di Tahun 2021

Untuk mencapai penjualan produk yang lebih maksimal, pengusaha harus memperhatikan tren digital marketing yang terus berkembang. Hal itu dimaksudkan agar pola digital marketing yang diterapkan bisa semakin efektif. 

Perkembangan digital marketing dari tahun ke tahun mewajibkan para pengusaha untuk lebih peka dengan perkembangan teknologi. Kira-kira apa saja ya yang akan menjadi tren digital marketing pada tahun 2022 yang sudah semakin dekat ini? Yuk kita simak beberapa tren digital marketing yang mungkin bakal terjadi di tahun 2022.

1. Interaktif marketing

Interaksi dengan pelanggan kini menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk menguatkan hubungan dengan konsumen. Hal itu juga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. 

Interactive Marketing merupakan sebuah strategi yang belakangan ini menjadi cara paling efektif untuk bisa menaikkan engagement. tidak hanya itu saja, cara ini juga mampu meningkatkan kepuasan dari pelanggan pada produk atau sebuah layanan.

Penggunaan kuis dan juga survey serta polling bisa membantu mendongkrak brand ditambah lagi bila dengan adanya giveaway.

Selain itu diperkirakan penggunaan chatbot akan semakin marak digunakan. Chatbot masih menjadi pilihan untuk membantu dalam percakapan otomatis dengan pelanggan.

2. Konten video untuk pemasaran

Pemasaran menggunakan video diprediksi masih akan terus meningkat. Dengan semakin meningkatnya konsumsi video dari tahun ke tahun membuat pemasaran dengan menggunakan video masih akan menjadi solusi yang cukup baik dalam digital marketing. Dengan semakin maraknya situs pemutar video yang ada di internet dari mulai youtube, instagram hingga tiktok dan juga snack video bisa membuat pendekatan ke konsumen melalui media video akan bisa berjalan lebih baik.

3. User generated content

Pernah melihat sebuah brand melakukan sebuah challenge kepada penggunanya untuk membuat konten unik dengan melibatkan brand mereka dengan imbalan diskon ataupun undian giveaway? Itulah User Generated content (UGC). Strategi ini cukup marak digunakan di tahun ini dan diprediksikan masih akan semakin marak dengan semakin berkembangnya media sosial saat ini. Strategi UGC yang sangat sederhana dengan repost foto beserta tag sudah cukup ampuh dalam mendongkrak brand. 

4. Endorse

Dengan semakin banyaknya influencer yang eksis di dunia internet, pemasaran menggunakan influencer atau endorse ini masih akan tetap diminati. Influencer dengan banyak pengikut sangat baik untuk membantu mendongkrak brand dan pemasaran produk.

Itulah beberapa tren dari digital marketing yang mungkin akan muncul di tahun 2022. Kepekaan dari pengusaha dalam memilih strategi digital marketing yang tepat akan membantu dalam mengembangkan usahanya dan melipatgandakan keuntungan yang didapat.