5 Tips Social Media Marketing Tahun 2021, Kamu Wajib Tahu

Dai era sekarang ini, banyak para pebisnis yang terjun ke dunia online telah menggunakan media sosial untuk berusaha membuat calon customer mereka tertarik. Hal ini tentu karena terkait dengan banyaknya pengguna internet yang sebagian besar sudah menggunakan media sosial dalam kesehariannya. Hal tersebut membuktikan bahwa media sosial merupakan peluang untuk mengembangkan bisnis yang sudah tidak asing lagi bagi banyak orang.

Pentingnya Social Media Marketing

Agar dapat membuat pelanggan atau konsumen bisa tertarik, sebuah konten dirasa belum cukup untuk melakukan itu. Untuk mengikuti tren baru, Anda harus mengadopsi beberapa teknik. Karena jika hanya mengikuti tren lama, mungkin akan menyulitkan bisnis Anda untuk berkembang.

Untuk siapa saja  yang saat ini menggunakan media sosial untuk menjalankan bisnis demi mendapatkan penghasilan, maka Anda harus memulai untuk melihat tren yang  saat ini sedang tumbuh. Dengan memantau trend yang saat ini sedang berlangsung, maka Anda dapat menemukan ide segar dan memanfaatkannya untuk mengembangkan strategi dengan cara yang benar dalam mengelola materi pemasaran media sosial. Hal tersebut membuat Anda selalu bisa melihat trend terbaru dari tahun ke tahun.

Berikut ini beberapa tips social media marketing untuk tahun 2021

social media marketing

1. Mengetahui Berbagai Platform Yang Marak Digunakan

Sejak awal 2020 sampai awal tahun ini, sebagian besar masyarakat memilih untuk lebih banyak waktu berada dirumah saja. Yang biasanya bekerja di kantor atau harus keluar dari rumah, namun saat ini sebagian besar pekerjaan sekarang bisa dikerjakan dari rumah saja. Di waktu yang bersamaan, saat pekerjaan telah selesai, maka sebagian besar memilih untuk menghabiskan waktu dirumah dengan membuka berbagai media sosial lewat ponsel pintar mereka.

Dengan trend yang seperti itu, maka para pengguna internet kebanyak memilih untuk main game, menonton video yang mereka sukai di youtube, membuka media sosial dan melihat berbagai konten yang ada di internet. Ini dapat menggambarkan apa yang harus Anda kerjakan di tahun 2021. Anda dapat membuat beberapa konten yang relevan, seperti berbagai tips bekerja di rumah dengan menyenangkan dan nyaman, cara meningkatkan efisiensi kerja, atau tips mengenai pengelolaan waktu saat work from home.

2. Membuat Konten Video yang Relevan

Belakangan ini, pengguna media sosial tampaknya lebih menyukai konten dalam format video dibandingkan format yang lain. Nyatanya, banyak orang bisa mendapatkan pendapatan dari konten video. Oleh sebab itu Anda juga dapat memulai menggunakan platform YouTube untuk membuat konten video yang menarik dan relevan dengan trend.

Beberapa tema video yang akan Anda buat mampu memicu berbagai macam tema menarik yang sangat digemari banyak orang, seperti tips kecantikan, dekorasi rumah, tips belanja hingga berbagai tips lain yang relevan saat ini. Gunakan alat yang menganalisis dan mencari tahu kata kunci apa yang dipakai kebanyakan orang di web pencari untuk memandu mereka ke media sosial atau saluran YouTube Anda.

Pada saat yang sama, jika Anda adalah pelaku usaha, maka Anda bisa memulai untuk membuat video yang menyertakan produk Anda, dengan metode soft selling tentunya. Jika Anda bisa menggabungkannya dengan copywriting dan storytelling, itu akan lebih bagus. 

3. Mempelajari Platform yang Sedang Populer

TikTok adalah salah satu platform dengan jumlah pengguna yang besar diantara yang lain saat ini. Sejak berdiri, TikTok telah mengutamakan konten format video kreatif yang didukung berbagai fungsi menarik. Anda bisa menyaksikan banyak konten menarik melalui TikTok. Banyak juga para pelaku usaha menggunakan platform TikTok untuk mempromosikan produknya.

4. Memanfaatkan Fitur Stories di Media Sosial

Hampir di semua platform media sosial memberikan fitur stories dan hal ini sangat digemari oleh pengguna internet sekarang, seperti media sosial Instagram yang sudah dari dulu mempunyai fitur stories, serta whatsapp, twitter dan juga facebook. Berbagai media sosial tersebut telah mencapai lebih dari 500 juta pengguna pada tahun 2020.

Seperti yang bisa Anda bayangkan, ada lebih banyak platform sekarang yang memberikan fitur tersebut, dan semakin banyak juga yang menggemari fiturnya. Maka dari iru, harap manfaatkan sepenuhnya fitur stories di media sosial untuk pemasaran di tahun 2021 ini.

5. Konten yang Relevan dan Orisinil

Dengan menciptakan konten yang relevan dengan trend dan juga orisinal akan dapat lebih mudah untuk menarik perhatian konsumen. Ciptakan ide konten asli untuk produk Anda dan akan mendapatkan perhatian konsumen yang merasa relevan dengan konten Anda.

Berikut beberapa pedoman dan tips media social marketing untuk tahun 2021 yang wajib Anda ketahui. Anda bisa memulai untuk mengelola media sosial dengan berbagai ide dan konten yang relevan serta mengikuti trend yang ada.

  •  
  •  
  •