Apa itu Alexa Rank? dan Bagaimana Cara Meningkatkannya

Memiliki website dengan traffic yang tinggi dari waktu ke waktu merupakan impian semua blogger atau pemilik website, hal ini juga menjadi sarana yang baik untuk seseorang mengembangkan bisnis online maupun mengembangkan branding suatu produk. 

Tidak semua orang tahu bagaimana cara meningkatkan traffic website yang dibuatnya, selain dari faktor membuat konten, dan membuat korelasi antara produk yang dijual dengan promosi yang menarik ada beberapa cara meningkatkan traffic website yang kamu miliki, caranya sebagai berikut,

  1. Mencari formula riset keyword
    Cara yang utama ketika kamu ingin meningkatkan dan mengembangkan traffic website adalah dengan riset keyword sesuai produk yang kamu akan buat atau jual, menentukan target market dimana kamu berjualan merupakan salah satu riset keyword, selain itu jika kesulitan mencari keyword yang sesuai bisa juga menggunakan tools yang banyak di internet seperti GKP (google keyword planner), SEMrush dan banyak lainnya. akan tetapi dengan menggunakan tools mungkin mempermudah kamu dalam mendapatkan keyword, namun dalam jangka panjang kamu tidak akan mengerti atau kesulitan dalam mendapatkan ide branding produk yang akan kamu jual di website tersebut.

  2. Membuat isi Konten yang menarik
    Membuat isi konten pada website merupakan nyawa dari sebuah penjualan produk dengan menggunakan website, dengan konten yang menarik akan membuat pengunjung atau calon konsumen akan langsung penasaran dengan website yang kamu buat. lalu jika pengunjung tersebut tertarik dengan konten yang kamu buat akan memberikan ulasan dan membagikan ke timeline media sosial yang mereka punya, hal tersebut akan secara otomatis membuat website kamu akan mendapatkan peningkatan pengunjung.

  3. Menjadikan Website Mobile Friendly
    Memberikan pengunjung kemudahan dalam mengakses website akan meningkatkan ketertarikan dalam mengunjungi website kamu. jika ingin membuat webisite yang mobile friendly kamu harus melakukan riset apa yang biasa di gunakan oleh user secara umum. website yang mudah diakses tentunya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk jasa membuatnya akan tetapi jika menghasilkan sesuatu yang mudah untuk pengunjung akses maka akan mempercepat website kamu dikenal banyak orang.

  4. Memperbaiki Konten yang sudah lama dan diperbaharui
    Cara meningkatkan traffic selanjutnya adalah dengan memperbaiki konten yang mungkin tidak dilirik pengunjung lalu memperbaharuinya supaya lebih menarik untuk dibaca. selain itu kamu bisa meningkatkan kualitas dari cara penulisan konten supaya dapat mudah dimengerti dan diminati oleh pengunjung.

Pengertian Alexa Rank

Alexa rank adalah alat dalam dunia online yang bertujuan untuk meningkatkan traffic sebuah website dari ranking yang rendah menjadi ranking website yang populer, alexa rank merupakan salah satu produk dari Amazon yang menyediakan data-data untuk riset website supaya website tersebut dalam pencarian internet menjadi teroptimasi secara otomatis. alexa rank juga menyediakan traffic rank website secara global atau bisa juga diperkecil hanya satu negara saja jangkauannya.

Alexa rank menghitung dan mengumpulkan data dari semua web browser yang bekerja sama dengan perusahaan Alexa rank, seperti chrome, firefox, internet explorer adalah contoh website yang memiliki script alexa di dalamnya. Dengan menggunakan alexa rank data yang dibutuhkan oleh user akan lebih akurat tanpa harus membaca perkiraan riset data internet biasa. Jika kamu sudah memiliki website bisa mencoba mengecek seberapa tinggi trafficnya dengan mengunjungi laman resmi Alexa rank.

Dalam menu Alexa rank akan memberikan informasi yang mungkin kamu butuhkan seperti seberapa banyak pengunjung website, letak geografis target pasar, menu promosi adsense, dan juga dimana saja jangkauan website yang kamu miliki.

Bagaimana Cara Meningkatkan Alexa Rank

Jika kamu ingin mencoba untuk meningkatkan traffic website dan juga ingin melihat seberapa banyak kompetitor memiliki promosi produk yang sama. Pada dasarnya alexa rank adalah marketing tool yang membantu para pemilik website yang ingin meningkatkan trafficnya, namun alexa rank juga memiliki tarif atau biaya tertentu jika kamu ingin memiliki detail dari menu yang ditawarkan oleh alexa rank, lalu apa saja yang perlu dilakukan untuk meningkatkan Alexa rank? penjelasannya dibawah ini ya,

  1. Membuat konten yang berkualitas
    Konten dalam website merupakan inti dari website jika ingin banyak dikunjungi oleh orang lain, selain itu konten harus mengandung SEO yang tepat sesuai dengan produk yang akan kamu tawarkan secara global.

  2. Mengembangkan sosial media
    Cara meningkatkan alexa rank selanjutnya adalah dengan membentuk atau membuat jaringan di sosial media supaya dapat membantu pengunjung tertarik untuk mengunjungi website yang kamu miliki. contoh jaringan sosial yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan pengunjung adalah Newsvine dan Delicious network

  3. Backlink
    Membuat backlink yang memiliki kualitas terbaik supaya mesin pencarian dapat dengan mudah mengetahui kualitas websitemu.

  4. Meningkatkan Kata Kunci
    Kata kunci pada konten yang kamu buat tidak kalah penting dalam meningkatkan Alexa rank, kamu bisa menggunakan Google ads gratis untuk membantu menemukan kata kunci yang relate dengan pengunjung websitemu.

Itulah beberapa cara meningkatkan alexa rank dan pengertian tools marketing alexa rank, semoga bisa membantu meningkatkan website kamu ya,