Dear Fresh Graduate, Ini Job Desk Digital Marketer

Saat ini sepertinya seluruh perusahaan besar hingga tingkat UMKM bahkan yang baru merintis telah mengetahui job desk di sebuah perusahaan. Sebab umumnya memang marketing selalu dibutuhkan untuk perusahaan dan bidang usaha lainnya. 

Pengertian digital marketing merupakan marketing yang memakai media digital, yang bertujuan untuk marketing, sales penjualan, mendapatkan customer, serta brand awareness di produk dan juga jasa. Selain itu, digital marketing merupakan orang yang memiliki skill mengelola seluruh media digital yang dipakai untuk marketing seperti berikut ini. 

6 Job Desk Digital Marketing

1. Website Marketing 

Memiliki keahlian dalam memberikan arahan agar website dapat menjadi alat marketing, supaya bisa mendatangkan banyak pengunjung. Mengarahkan website dari sisi desain, tampilan, copywriting, landing page dan navigasi untuk membuat customer tertarik. 

Job desk digital marketer tidak membuat website, karena ada orang yang khusus membuat website yaitu web developer programer yang memiliki perannya sendiri, namun akan bekerjasama dengan satu sama lainnya. 

2. SEO 

Dengan SEO bisa membuat website berpeluang untuk mendatangkan banyak visitor dari mesin pencarian Google, dimana beberapa dari mereka bisa menjadi customer atau pembeli. Jika tidak memiliki SEO mustahil sekali jika web bisa memperoleh banyak pengunjung, kecuali website tersebut memiliki biaya untuk iklan. 

Digital marketer wajib tahu cara untuk mengoptimasi SEO pada website. Tujuannya yaitu supaya website masuk pada halaman pencarian teratas di Google, sehingga menjadi peluang untuk bisa mendapatkan banyak calon pelanggan dari para pengunjungnya. 

3. Search engine marketing 

Dapat mengoperasikan iklan pada Good Ads dengan maksimal. Tidak hanya menggunakan SEO saja, SEM merupakan cara yang mudah supaya dapat muncul di halaman paling atas di Google sehingga memperoleh calon prospek customer dengan tepat. 

SEM wajib membayar ke Google Ads dengan bayaran per klik yang sama dengan harga kata kuncinya yang bermacam-macam. Mulai dari yang mudah hingga yang mahal tergantung dari tingkat kompetisi. 

Mengoperasikan ikan wajib dilakukan oleh digital marketer yang sudah pengalaman, bahkan bersertifikat Google Partner. Hal tersebut bertujuan supaya biaya yang keluar bisa mendapatkan hasil yang sesuai harapan. Rasanya rugi sekali jika sudah membuang banyak biaya tetapi hasilnya tidak sesuai dengan harapan mereka. 

4. Social media marketing 

Memiliki kemampuan untuk mengoperasikan iklan di media sosial, yang paling sering di Indonesia yaitu Instagram Ads dan Facebook Ads. Job desknya bukanlah untuk memposting feed di Instagram, job desk tersebut akan dikerjakan oleh admin. Tetapi tak ada salahnya bila digital marketer juga membantu untuk memposting di feed Instagram. 

SMM merupakan strategi memakai media sosial sehingga bisa membangun Brand Awareness sebuah jasa, produk dan brand. Hingga bisa memperoleh traffic fan pelanggan dengan media sosial. Iklan SMM merupakan sebuah jenis iklan yang memiliki tujuan untuk menarik perhatian masyarakat kepada sebuah jasa, merek, atau produk. Mungkin Anda sering melihat di Instagram atau Facebook. 

5. Mengoperasikan display advertiser

Apabila Anda kerap kali melihat sejumlah iklan tampilan spanduk di website, misalnya spanduk iklan di website Kompas atau Detik, itulah bagian dari job desk seorang digital marketer. Teknik yang sering digunakan yaitu Google Display Network dengan biaya per view atau per klik. 

Tujuan dari display ini tidak hanya untuk menarik perhatian dari para audiens terhadap bisnis dan brand. Selain itu, juga dapat membuat media iklan untuk memperoleh customer. Iklan display ini tetap menjadi andalan bagi para perusahaan besar untuk membuat awareness brand mereka, karena hal ini sangat membantu perusahaan untuk bisa memperkenalkan produk atau jasanya ke masyarakat luas . 

6. Mengelola strategi funneling marketing 

Tujuan dari SEO, SMM, dan SEM diatas yaitu untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya sebagai lead generator. Berikutnya ada interest, decision dan action. 

Interest merupakan tugas website, newsletter email dan landing page. Bagaimana dapat lebih menarik supaya visitor melakukan order atau contact. 

Decision merupakan proses follow up customer atau klien oleh telemarketing atau CRM, atau juga bisa Anda sendiri sebagai owner bisa berinteraksi dengan para customer. 

Action yaitu dapat dikatakan jika customer sudah ingin melakukan pemesanan atau order produk yang Anda jual. 

Jika semakin banyak leads yang didapatkan, maka semakin banyak juga kesempatan terjadi sales. Sehingga pekerjaan dari digital marketing wajib hingga tahapan membangun funneling marketing dengan benar. Selain itu, menjadi digital marketing juga harus bisa untuk membuat strategi sales funneling di beragam divisi marketing lainnya. 

Nah, demikianlah job desk digital marketing yang harus Anda ketahui sebelum ingin terjun di dunia ini. Jangan lupa untuk menguasai semua hal di atas. Semoga artikel ini bisa membantu Anda. Selamat mencoba!