Ingin Bekerja di Bidang Digital? Ini Dia 5 Program Studi yang Tepat

Teknologi adalah salah satu aspek yang tidak bisa bisa dibendung lagi perkembangannya, dimana sudah pasti lapangan pekerjaan pada bidang ini sangatlah luas. Bidang teknologi yang akan selalu dibutuhkan hampir semua perusahaan saat ini adalah digital. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sekarang adalah era digital, yang mana bidang ini akan terus mengalami kemajuan yang pesat. 

Melihat ada peluang besar, sudah pasti bekerja pada bidang tersebut memiliki kesempatan yang sama besar pula. Bagi Anda yang memang ingin bekerja di bidang digital, mungkin bingung akan mengambil program studi apa ketika di universitas. Di mana artikel berikut akan membahas 5 program studi apa saja yang berhubungan dengan bidang digital. 

Daftar 5 Program Studi jika Ingin Bekerja di Bidang Digital 

Sebelum memasuki dunia kerja dalam bidang ini, sudah pasti Anda perlu menempuh pendidikan yang sekiranya akan membantu Anda di kemudian hari. Berikut ini adalah daftar program studi di universitas yang bisa Anda ambil jika ingin bekerja di bidang digital: 

kuliah

1. Jurusan Teknologi Komputer 

Di era digital seperti sekarang sudah pasti tidak akan pernah lepas dari komputer, dimana tentu jurusan di universitas yang bisa Anda ambil ada Teknologi Komputer. Di era ini sendiri, sudah pasti tidak akan lepas dari pemrograman. Dengan mengambil jurusan ini, maka Anda dapat bekerja di berbagai bidang yang berhubungan dengan digital. 

Beberapa sub bidang yang dapat Anda kuasai adalah teknik informatika, teknik komputer, sistem dan teknologi komputer, hingga sistem informatika. Hampir semua perusahaan atau badan negara membutuhkan tenaga handal dalam sub bidang tersebut. Sehingga sudah pasti Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan di dalam bidang digital. 

2. Ilmu Bisnis 

Dunia  bisnis juga tidak akan pernah lepas dari digital, di mana sudah pasti Ilmu Bisnis menjadi jurusan yang tepat untuk bekerja di bidang ini. Dalam Ilmu Bisnis Anda akan mempelajari banyak hal, termasuk dalam menjadi seorang entrepreneur yang handal. Semua ilmu yang ada nantinya bisa Anda terapkan untuk bekerja dalam bekerja di bidang digital. 

Ada beberapa sub bidang yang akan Anda pelajari ketika mengambil prodi yang satu ini, seperti manajemen bisnis, pemasaran digital hingga bisnis digital itu sendiri. Nantinya akan banyak sekali pilihan karir yang bisa Anda ambil, seperti konsultan bisnis, manajer pemasaran produk, analisi manajemen dan bisnis dan lain sebagainya. 

3. Statistika dan Matematika Bisnis 

Dalam bidang digital, maka tetap data sangatlah penting untuk bisa selalu mengevaluasi agar operasional dan pemasaran bisnis dapat berjalan dengan baik. Untuk mengoptimalkan data inilah jurusan Statistika dan Matematika Bisnis adalah prodi yang tepat. Walaupun pada saat mempelajarinya, maka Anda harus siap untuk selalu berhubungan dengan hitung menghitung. 

Anda dapat meniti karir sebagai seorang analis data, ahli statistika, analis riset pasar, ataupun spesialis data dan lain sebagainya. Mungkin selama belajar di jurusan ini, Anda akan mengalami kesulitan karena banyaknya hitungan-hitungan serta analisa yang masuk dalam materi. Namun, hampir seluruh perusahaan baik yang digital ataupun bidang lain sangat membutuhkan tenaga profesional untuk masalah statistika data ini. 

4. Ilmu Komunikasi 

Jika berbicara karir di bidang digital maka sudah pasti tidak akan pernah lepas dari Ilmu Komunikasi. Dalam melakukan pekerjaan dalam bidang digital yang sudah pasti akan ada marketing, maka sudah pasti komunikasi menjadi merupakan yang utama. Di dalam Ilmu Komunikasi, Anda akan diajarkan banyak sekali teknik berbicara, periklanan, hubungan masyarakat dan lain sebagainya. 

Tentu saja tidak hanya pada bisnis digital saja, Anda juga memilih karir untuk bekerja di stasiun tv atau periklanan. Bahkan Anda juga bisa menjadi seorang wartawan bahkan reporter. Ilmu Komunikasi sendiri menjadi salah satu jurusan yang memiliki peluang karir yang sangatlah luas karena akan tetap dibutuhkan sampai kapanpun. 

5. Desain Komunikasi Visual 

Untuk jurusan yang satu ini sendiri mungkin terbilang penuh tantangan karena di jurusan ini Anda akan belajar menjadi seorang creator yang membuat visual menarik. Di era digital sekarang, komunikasi visual menjadi aspek penting agar masyarakat dapat tertarik dengan produk dan jasa yang dipasarkan. 

Apalagi jika Anda memang ingin bekerja di bidang digital marketing, maka sudah jelas visal sangatlah penting agar masyarakat mau membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Di prodi ini ada banyak sekali pelajaran yang akan Anda dapatkan, seperti menjadi animator, desainer grafis, seniman multimedia dan lain sebagainya. 

Itulah beberapa jurusan atau program studi yang dapat Anda ambil di universitas jika ingin bekerja di dunia digital. Kelima jurusan tersebut juga terus mengalami perkembangan mengikuti zaman teknologi yang saat ini juga terus maju. Senyumku

  •  
  •  
  •