Inilah Manfaat Menggunakan LSI Keyword di Konten Website

Latent semantic indexing atau yang lebih dikenal dengan LSI keyword merupakan sebuah kata kunci yang masih sering tidak mendapatkan perhatian dari content marketer

Padahal yang perlu Anda ketahui yaitu LSI keyword ini mempunyai banyak manfaat untuk search engine optimization (SEO) pada sebuah konten. Jadi, konten yang Anda buat akan mendapatkan peringkat teratas di Google bila menggunakan keyword jenis ini. Nah, berikut ini penjelasan mengenai LSI keyword, manfaat dan cara mendapatkannya. 

Pengertian LSI Keyword 

Bayangkan Anda memakai kata kunci “apartemen terjangkau” di konten pada situs Anda. Tetapi, orang lain mencari kata kunci “apartemen murah” di search engine. 

Kecil kemungkinannya konten Anda akan ditemukan oleh mereka. Kedua kalimat tersebut mempunyai arti yang sama. Namun, Google sendiri belum tentu menyarankan situs Anda kepada mereka bila Anda selalu menggunakan kata kunci “apartemen terjangkau”. Oleh karena itu, untuk mengatasinya, Anda perlu menggunakan latent semantic indexing (LSI) keyword ini. 

LSI keyword merupakan istilah yang konsepnya sama dengan keyword yang Anda gunakan. Istilah tersebut dipakai search engine untuk memahami isi dari konten pada sebuah website secara mendalam. LSI keyword ini dapat berbentuk sinonim dari sebuah kata kunci. Tetapi, tidak semua sinonim adalah LSI keyword.

Kebanyakan LSI keyword merupakan kata-kata yang relevan sekali dengan sebuah keyword. Contohnya yaitu Anda ingin menggunakan kata kunci “Flatshoes”. Maka, LSI keyword yang bisa Anda pakai bukan hanya “sepatu”. Contoh lainnya adalah “acara formal”, “pesta”, “wanita”, dan “dress”.

Lalu, mengapa Anda perlu memakai LSI keyword

Karena saat ini Google memakai algoritma Hummingbird. Pada algoritma ini, keyword tidak menjadi satu-satunya penentu ranking untuk sebuah website. Tentu saja keyword memiliki perang penting untuk SEO. Tetapi, Google juga bisa mengetahui sejauh mana konten Anda relevan dengan yang pengguna cari. 

Sehingga, dengan adanya LSI keyword ini, Google dapat memahami bila konten Anda mempunyai pembahasan yang sesuai dengan kata kunci yang Anda gunakan. 

Manfaat Menggunakan LSI Keyword 

Setelah mengetahui definisi dari LSI keyword, sekarang apakah Anda menjadi berminat untuk menggunakannya? Bila Anda masih ragu, maka Anda perlu mengetahui manfaat-manfaat dari LSI keyword lebih jauh lagi. 

Beberapa manfaat dari LSI keyword yaitu: 

  • Menghindari penari dari Google sebab terlalu sering menggunakan kata kunci yang sama. 
  • Search engine dapat memberikan peluang untuk peringkat teratas, karena terdapat banyak istilah yang dapat meningkatkan peringkat situs itu sendiri. 
  • Konten menjadi lebih mudah untuk ditemukan oleh seluruh pengguna internet. 
  • Konten tetap dianggap relevan dan tidak perlu memakai keyword yang berlebihan. 
  • Kualitas dari konten mengalami peningkatan sebab memakai banyak istilah yang berhubungan dengan kata kunci. 

Cara Mendapatkan LSI Keyword 

Berdasarkan seluruh penjelasan di atas mungkin akan membuat Anda tidak sabar lagi ingin mencoba menggunakan LSI keyword bukan? 

Lalu, bagaimana cara Anda memulainya? Tenang, kami sudah menyiapkan pembahasannya. Yuk, simak di bawah ini! 

1. Terdapat kata yang di-bold di SERP 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu lihatlah kata-kata yang di-bold pada SERP atau search engine result page

Misalnya, keyword yang dipakai yaitu “baju renang”. Tetapi, Anda juga menemukan kata lain yaitu “kaos renang” yang di-bold di SERP. Jika demikian, “kaos renang” merupakan LSI keyword yang dapat Anda gunakan. 

2. Lihat search box 

Cara lainnya yaitu Anda bisa melihat search box pada Google. Saat Anda mengetik kata kunci di search box tersebut, muncul banyak pilihan keyword lainnya yang akan Anda lihat. Keyword tersebut adalah istilah yang banyak dicari oleh para pengguna Google. 

3. Cara penelusuran yang berhubungan 

Apabila Anda membuka SERP dan melihat sampai bagian yang paling bawah, maka Anda akan menemukan bagian “Penelusuran yang terkait dengan…” atau “Search related to…” 

Kata-kata pada bagian tersebutlah yang dapat Anda gunakan sebagai LSI keyword pada konten Anda. Contoh lainnya yaitu jika Anda mencari kata kunci “Novel bestseller”. Maka, Anda akan mendapati lebih dari lima keyword lainnya yang relevan dengan kata kunci yang sedang Anda cari. 

Dengan begitu, Anda dapat menggunakan istilah tersebut untuk kata kunci di konten Anda yang baru. 

4. “Orang juga bertanya” 

Fitur lainnya yang ada pada Google yaitu “Orang juga bertanya” atau “People also ask”. Saat Anda sedang mencari sesuatu di Google, otomatis akan ditampilkan fitur tersebut pada SERP. Fitur ini menunjukkan hal yang sering ditanyakan oleh para pengguna Google mengenai kata kunci yang Anda gunakan. 

5. Gunakan Google Trends

Produk Google ini dapat memberikan Anda informasi kata kunci yang banyak dicari di Google atau yang sedang trend. Jadi, Anda hanya perlu memasukkan keyword yang ingin digunakan. Lalu, Anda akan mendapati bermacam kata kunci yang relevan dengan istilah tersebut. 

Demikianlah penjelasan dan manfaat dari LSI keyword yang harus Anda ketahui. Semoga membantu! 

  •  
  •  
  •