Tips Menabung di Aplikasi Digital Banking

Sebelum masuk kedalam tips-tips menabung di aplikasi digital banking, maka sebaiknya mengenal terlebih dahulu apa itu Digital Banking. Menurut OJK pengertian dari Digital Banking yaitu sebuah layanan perbankan elektronik dimana dikembangkan dengan memanfaatkan pengoptimalan data dari nasabah dalam rangka untuk melayani para nasabahnya dengan cepat, mudah, sesuai kebutuhan, dan juga dapat dilakukan nasabah sendiri dengan aspek pengamanan dari bank.

Dan juga bank yang mengelola sebuah layanan digital banking harus memiliki penerapan pada manajemen risiko serta kehati-hatian dan juga memenuhi ketentuan yang diberlakukan dari peraturan OJK. Layanan yang ada pada digital banking dapat berupa internet banking, phone banking, SMS banking serta mobile banking.

Setelah mengenal digital banking maka selanjutnya kita akan memberikan beberapa tips dalam menabung pada digital banking tersebut, yang mana menabung sendiri merupakan suatu investasi dan hasilnya akan digunakan pada kemudian hari atau juga dapat untuk digunakan apabila mengalami suatu kejadian yang tidak terduga dimana memerlukan biaya besar. Berikut tips menabung di aplikasi digital banking, yaitu:

1.Membuat Rencana 

Tips pertama yaitu memahami tujuan yang jelas dalam membuat suatu tabungan, dengan cara mengetahui serta memiliki tujuan yang cukup jelas maka dari itu keinginan untuk menabung juga akan semakin kuat. Contohnya apabila Anda akan menabung disebabkan karena akan membeli sebuah rumah yang mana akan membuat Anda untuk menabung sampai tujuan tersebut dapat tercapai.

2.Membuat suatu rekening yang terpisah

Tips menabung yang efektif selanjutnya yaitu dengan cara membuat rekening secara terpisah. Rekening tersebut memiliki peranan menjadi suatu rekening yang terpisah dari rekening penghasilan maupun gaji yang dimiliki setiap bulan yang bertujuan agar tabungan tersebut tidak tercampur oleh pengeluaran rutin.

3.Rutin untuk menyisihkan sebagian dari penghasilan

Rutin untuk menyisihkan sebagian penghasilan yang memiliki besaran relatif seperti 5 sampai 10 persen dari penghasilan atau gaji rutin yang dimiliki setiap bulan dan dialokasikan ke rekening tabungan yang mana merupakan tips dalam menabung secara efektif.123

4. Menghindari penggunaan kredit

Tips selanjutnya dalam menabung di aplikasi digital banking yang efektif yaitu menghindari penggunaan kredit  yang memiliki hutang maupun cicilan. Dikarenakan adanya suatu hutang maupun cicilan tersebut, dapat memotong penghasilan yang telah didapat, dan pengalokasian uang ke tabungan yang dimiliki tersebut akan berkurang atau menghilang.

Maka dari itu untuk agar dapat mengantisipasinya, sebaiknya menghindari cicilan pada barang-barang yang memiliki sifat konsumtif contohnya seperti gadget mewah maupun mengenai suatu trend fashion pada saat ini. Memang kedua hal tersebut dapat dibeli akan tetapi dengan catatan kebutuhan pokok serta pengalokasian uang tabungan harus terpenuhi terlebih dahulu.

5. Memilih jenis dari tabungan bank yang cocok

Untuk tips menabung di aplikasi digital dengan efektif selanjutnya yaitu menyesuaikan jenis dari tabungan serta bank yang dituju. Dimana memiliki dampak signifikan serta mempengaruhi dari segi efektivitas pada saat menabung. Pada sekarang ini banyak berbagai macam bank yang memberikan penawaran mengenai jenis tabungan, fasilitas serta keuntungan yang akan didapatkan bagi calon nasabah. Maka dari itu diperlukan kejelian saat memilih jenis tabungan tempat akan menabung.

Salah satu contoh bank yang memiliki penawaran berbagai macam jenis dari tabungan serta fasilitasnya yaitu CIMB Niaga. Yang mana memiliki berbagai jenis tabungan, dan dapat memilih tabungan  yang cocok serta sesuai pada kebutuhan yang diperlukan.

Layanan dari digital banking sendiri dapat berupa seperti internet banking, phone banking, SMS banking serta Mobile banking, yang mana akan dijabarkan dibawah ini.

Internet Banking

Layanan pertama yang dimiliki digital banking yaitu Internet Banking, dimana dapat memungkinkan para nasabah untuk dapat melakukan berbagai aktivitas perbankan dengan melalui suatu komputer yang terhubung pada internet melalui jaringan dari bank. Aktivitas transaksi tersebut berupa:

  • Informasi saldo
  • Mutasi rekening
  • Transfer saldo
  • Informasi mengenai nilai tukar
  • Serta membayar tagihan

Phone Banking

Phone banking merupakan layanan yang memungkinkan bagi para nasabah untuk dapat melakukan aktivitas mengenai perbankan hanya dengan menggunakan sebuah smartphone. Bisa dengan cara menghubungi call center yang dapat melayani para nasabah dari jarak jauh. Transaksi yang ada pada layanan ini yaitu:

Pembayaran listrik, kartu kredit, internet, atau asuransi dan lainnya.

  • Transfer dana
  • Isi ulang pulsa
  • Mutasi rekening
  • Informasi saldo
  • Mutasi rekening

SMS Banking

Merupakan sebuah layanan yang membuat para nasabah dapat melakukan aktivitas mengenai perbankan yang melalui SMS. Nasabah dapat mengirimkan suatu pesan yang memiliki format tertentu dan dikirimkan ke nomor dari bank yang berkaitan agar dapat memperoleh informasi yang sedang dibutuhkan. Jenis transaksi yang dapat dilakukan SMS banking yaitu:

  • Transfer dana
  • Informasi saldo
  • Mutasi rekening
  • Pembayaran (kartu kredit)
  • Pembelian (pulsa isi ulang)

Mobile Banking

Layanan terakhir yang mana seperti layanan yang mirip seperti SMS banking . Cara kerjanya yaitu bank akan melakukan kerja sama pada operator seluler yang akan memasangkan program khusus yang terdapat pada SIM Card para nasabah, yang berfungsi agar dapat melakukan aktivitas mengenai perbankan dengan lebih mudah. Jenis transaksi dari layanan tersebut adalah:

  • Mutasi rekening
  • Informasi saldo
  • Transfer dana
  • Pembelian suatu saham 
  • Pembayaran asuransi, listrik, dan lainnya
  • Serta Informasi mengenai nilai tukar

Download: Aplikasi Catatan Keuangan