Apa itu CRM dan Fungsinya?

CRM menyimpan semua informasi tentang pelanggan Anda yang dapat Anda butuhkan. Hal-hal seperti informasi kontak pelanggan – email, nomor telepon, media sosial, situs web – catatan interaksi masa lalu, preferensi korespondensi, dan banyak lagi dapat disimpan dalam CRM Anda. Secara sederhana, CRM menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut, yang dicantumkan oleh Hubspot:

Apa itu CRM

“Siapa pelanggan kita? Bagaimana kita bisa menghubungi mereka? Bagaimana mereka berinteraksi dengan konten kita? Seperti apa pipeline bisnis baru kami? ”

Hubspot juga menghadirkan sudut pandang yang sangat penting: pelanggan memandang hubungan mereka dengan perusahaan Anda sebagai satu dengan organisasi itu sendiri, bukan dengan beberapa individu yang berbeda. Jadi, setiap anggota tim harus tahu setidaknya ringkasan interaksi dan perasaan pelanggan mengenai perusahaan. Di sinilah CRM yang terorganisir dengan baik berguna.

Namun, hubungan perusahaan Anda dengan pelanggan harus dianggap sebaliknya. CRMs membantu memastikan interaksi pelanggan dipandang sebagai individu, dan yang mengatakan bahwa pelanggan diperlakukan seperti itu. Karena semua komunikasi pelanggan dan catatan dapat disimpan dalam CRM Anda untuk dilihat oleh semua anggota tim yang tepat, tidak ada yang dilupakan. Saat Anda membuktikan kepada klien Anda bahwa Anda menghargai mereka, Anda akan mendapatkan loyalitas mereka.

Mengapa ini Penting?

CRM adalah aset vital dalam masyarakat berbasis teknologi saat ini, terutama untuk bisnis – kecil atau besar. Pada hari-hari sebelum jenis perangkat lunak ini, informasi pelanggan disimpan dalam lemari arsip, spreadsheet, rolodex, dan memori – yang semuanya dapat dengan mudah hilang atau salah tempat. Meskipun tidak ada yang tidak bisa dihilangkan, jauh lebih sulit untuk menghapus secara permanen sesuatu yang hidup dalam perangkat lunak terorganisir, terutama jika perangkat lunak itu menggunakan cloud.

Perusahaan mana pun yang tidak yakin jika berinvestasi dalam CRM adalah langkah yang tepat harus mempertimbangkan pertanyaan-pertanyaan berikut, seperti yang diajukan oleh Hubspot:

  • “Apakah Anda memiliki kebutuhan untuk mempertahankan daftar pusat informasi tentang pelanggan dan pelanggan Anda?
  • Apakah informasi ini hidup di beberapa tempat yang berbeda?
  • Apakah pelanggan Anda berinteraksi secara teratur dengan banyak orang di tim Anda?
  • Bagaimana setiap orang melacak di mana percakapan dengan satu pelanggan tidak ada?
  • Apakah Anda memerlukan cara untuk lebih memahami produktivitas tim penjualan Anda?
  • Apakah tim penjualan Anda memiliki proses terstruktur yang mereka ikuti?

Jika Anda menjawab ya, maka CRM mungkin merupakan opsi yang bermanfaat untuk bisnis Anda. ”

CRMs populer

Microsoft Dynamics 365: “Microsoft secara unik memberikan pendekatan modern untuk aplikasi bisnis yang membantu Anda menyatukan data dan hubungan, membangun kecerdasan ke dalam pengambilan keputusan Anda, dan mencapai hasil yang lebih baik.”

Baca juga : Strategi Pemasaran Digital Ini Meningkatkan Visibilitas Bisnis Online Anda

Salesforce CRM: “Salesforce menawarkan berbagai kategori dan sistem CRM untuk memenuhi kebutuhan Anda, termasuk Cloud Penjualan, Cloud Pemasaran, Cloud Layanan, Cloud Analytics, Cloud Data, Cloud Komunitas, Cloud Aplikasi, dan IoT, yang melayani lebih dari 150.000 pelanggan … . satu-satunya CRM yang menawarkan berbagai fitur dan fungsionalitas lengkap, dengan biaya yang dapat disesuaikan dengan bisnis apa pun, adalah Salesforce. ”

Oracle: “Oracle CX Cloud Suite memecah silo untuk memberikan pengalaman pelanggan yang mulus di seluruh pemasaran, penjualan, perdagangan, layanan, sosial, dan konfigurasi, harga, dan penawaran (CPQ). Apakah dikerahkan secara modular untuk mengatasi tantangan bisnis tertentu atau dikerahkan sebagai solusi komprehensif, pendekatan Oracle memungkinkan perusahaan Anda untuk memberikan pengalaman pelanggan yang konsisten lintas saluran, menggunakan proses bisnis pra-bangun yang menjangkau silo. ”

SAP CRM: “Bedakan bisnis Anda dengan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi (CX). Perangkat lunak cloud manajemen hubungan pelanggan (CRM) terintegrasi kami dapat membantu Anda terlibat dengan pelanggan di setiap titik kontak, dengan cara yang cerdas – dan membangun kepercayaan dan loyalitas seumur hidup. “

  •  
  •  
  •