Apa Itu Google Search Console? Bagaimana Fungsinya?

Untuk memahami dan mengetahui proses optimasi pada sebuah website, maka penting bagi Anda untuk memahami Google Search Console. Karena berbagai permasalahan yang berkaitan dengan performa website akan mudah untuk dilakukan dan dipahami secara jelas dan menyeluruh, sehingga penting bagi Anda untuk memahaminya. 

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa penjelasan secara lengkap dan menyeluruh mengenai Google Search Console tersebut. Untuk informasi dan penjelasan lengkapnya dapat dipahami melalui artikel kali ini. Jika Anda menginginkan pembahasan yang menyeluruh, simak penjelasannya berikut ini. 

Apa Itu Google Search Console?

Untuk yang baru memulai mengelola dan membangun website mungkin belum terlalu mengenai tool satu ini atau masih terdengar asing. Padahal ini mempunyai beberapa manfaat yang bisa digunakan untuk kebutuhan optimasi website. Google Search Console merupakan tool webmaster yang disediakan oleh pihak google untuk mengidentifikasi performa website. 

Semua kebutuhannya akan diberikan secara gratis, proses nanti program tersebut akan melihat performa melalui ranah yang organik. GSC sendiri bisa dibilang sebagai alat monitor yang memberikan fungsi dari sebuah performa website. Oleh karena itu website yang Anda miliki tersebut akan lebih jelas dan diketahui performanya, mengetahui keyword populer, dan trafik. 

Tentunya masih banyak lagi yang bisa Anda dapatkan dan temukan dari pemanfaatan GSC tersebut secara jelas dan menyeluruh. Hal ini tentunya memberikan banyak keuntungan yang besar dan memukau untuk mendapatkannya. Dengan begitu, GSC menjadi tool penting untuk menunjang kebutuhan performa website Anda tersebut. 

Fungsi Google Search Console 

google search console

Ada beberapa fungsi yang bisa diberikan dari pemanfaatan Google Search Console secara jelas dan menyeluruh. Untuk informasi dan pembahasan lengkapnya, simak ulasannya secara menyeluruh berikut ini. 

1. Mengidentifikasi Performa Website

Dalam GSC memiliki tool khusus dalam memantau dan melihat performa website yang Anda miliki dan kelola tersebut. Pada Google Search Console memiliki menu yang bisa memberikan kemudahan dalam melihat dan mengidentifikasi performa dari sebuah website. Tentunya ini menjadi kebutuhan yang memberikan banyak keuntungan. 

Melalui hal ini menggunakan GSC tersebut, maka Anda akan mendapatkan banyak keuntungan yang memukau. Salah satunya Anda bisa melihat jumlah trafik, keyword yang populer. Link yang rusak atau broken link. Lalu beberapa matrik yang jelas dan lengkap, sehingga ini sangat membantu untuk memantau kondisi website Anda tersebut. 

2. Memungkinkan Inspeksi URL 

Biasanya dalam membuat sebuah website konten menjadi kebutuhan penting untuk menjaga performa dan kualitas website tersebut. Tetapi terkadang beberapa postingan yang baru tersebut lama diindeks oleh google, dengan demikian Anda bisa mencoba dan memanfaatkan Search Console untuk memenuhi secara menyeluruh. 

Dengan penggunaan dan pemanfaatan GSC tersebut, maka inspeksi URL akan lebih mudah dan cepat untuk diindeks oleh pihak google. Namun sekarang ada sitemap yang memberikan kemudahan untuk indeks url tersebut, tetapi beberapa kasus sering mengalami gangguan atau error, sehingga tidak bisa melakukan inspeksi url tersebut. 

3. Memahami Internal dan Eksternal Link

Fungsi dari Google Search Console memungkinkan Anda untuk memahami dan mengetahui internal dan eksternal link yang ada pada website. Selain itu juga membuat Anda akan mengetahui backlink dari website yang dikelola. Dengan adanya hal ini akan sangat membantu Anda untuk monitor dan mengatur link yang ada pada website Anda tersebut. 

Keunggulan lainnya dari pemanfaatan ini secara maksimal adalah Anda akan mendapatkan disavow blacklink atau spam blacklink. Apabila hal ini terus dibiarkan dan tidak ada tindak lanjutnya akan berdampak pada performa website yang Anda kelola tersebut. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan GSC untuk pemantauannya. 

4. Mensubmit Sitemap

Fungsi dari sitemap adalah mengetahui dan memberikan informasi mengenai url yang sudah terdaftar dalam website. Adanya sitemap akan memberikan google untuk mengetahui url terbaru dari sebuah website yang dikelola. Untuk mengetahui url terbaru tersebut, maka Anda harus submit terlebih dahulu pada GSC. 

Apabila Anda sudah melakukan submit pada url terbaru tersebut, maka proses untuk inspeksi dan indeks akan lebih mudah dan cepat melakukannya secara mandiri. Tentunya ini menjadi pilihan yang tepat dan menarik untuk menggunakan Google Search Console secara menyeluruh untuk mendapatkan semuanya. 

5. Mudah Menghapus Index

Menggunakan Google Search Console membuat Anda akan lebih mudah untuk melakukan penghapusan index google. Hal ini penting untuk dilakukan, karena apabila hanya menghapus saja, maka postingan tersebut masih terus muncul. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memperhatikan dan memanfaatkan GSC secara menyeluruh. 

Nah, demikianlah penjelasan mengenai Google Search Console atau GSC yang dapat Anda coba dan dapatkan untuk mengelola website yang dimiliki. Semoga informasi dan penjelasan diatas dapat memberikan manfaat untuk Anda dan lainnya. 

  •  
  •  
  •