Bagaimana Cara Mengurus Brand Awareness yang Baik?

Kekayaan platform digital sekarang yang tentunya memberikan daya tarik dalam sebuah mekanisme kerja pengenalan produk lewat sosial media tentunya jika dimanfaatkan secara maksimal seperti di Instagram, Facebook, Tik tok, Youtube dan semacamnya akan menambah tingkat kesadaran konsumen terhadap brand kita. Menurut Philip Kotler Brand adalah sebuah nama, istilah, tanda, simbol, atau desain atau kombinasi dari seluruhnya, yang bertujuan untuk mengidentifikasi barang – barang maupun jasa dari suatu kelompok penjual dan untuk membedakan produk mereka dari para pesaing. Fungsi brand sendiri adalah sebagai berikut :

1. Identitas Produk, 

sebagai identitas keorisinilan produk yang dihasilkan oleh produsen baik dilihat dari sisi visual dan non visual merek serta bentuk kemasan, warna kemasan, logo dari produk itu sendiri.

  1. Identitas Perusahaan, sebagai kekuatan pondasi sebuah perusahaan, lembaga, atau dalam sebuah bisnis, hal ini didapatkan apabila identitas brand produk serta pengelolaan perusahaan dapat dibuat dan dijalankan dengan baik.
  2. Membangun Citra, sebagai bangunan proyeksi citra yang baik didapatkan dari bentuk keunggulan identitas brand produk dan identitas perusahaan.
  3. Bentuk Sebuah Proteksi Hukum
  4. Jaminan Kualitas
  5. Sebagai Pembeda
  6. Sebagai Keunikan 
  7. Menciptakan Asosiasi

2. Merek atau Brand berdasarkan wujudnya dikategorikan sebagai berikut :

  1. Merek Lukisan atau Gambaran
  2. Merek Kata
  3. Merek Huruf atau Angka
  4. Merek Nama
  5. Merek Kombinasi

Cara Mengurus Brand Awareness

Nah, di atas sudah kami paparkan kurang lebih mengenai brand bagaimana brand juga sangat penting bagi kita. Selanjutnya mari kita belajar bersama mengenai brand awareness atau kesadaran merek yang berarti tingkat kemampuan seorang konsumen dalam mengenali serta mengingat suatu merek, produk ataupun jasa dari produk yang kita buat dan berperan besar dalam keputusan seseorang untuk membeli barang produk kita. Menumbuhkan kemudian meningkatkan brand awareness tidaklah cukup mudah melalui proses terlebih dahulu.

Supaya produk kita dikonsumsi atau dikenal secara lebih luas dan berkesinambungan serta dapat dipercaya sehingga konsumen yang kemudian memberitahukan ke orang lain atas dasar kepuasan pada brand kita dan sebagai tambahan nilainya apabila kita membuat produk baru konsumen akan lebih percaya kualitas produk baik berupa barang dan jasa yang ditawarkan kita kepada khalayak konsumen. 

Disini kami akan ulas bagaimana cara mengurus brand awareness dengan baik.

1. Bikinlah Logo dan Tagline Menarik

Bikinlah logo baik dari segi gambar, kata, nama sebagus mungkin, sederhana namun seikonik mungkin dalam arti orisinil dan tidak asal –asalan. Membuat tagline yang sederhana namun dapat merepresentasikan merek produk. Pilihlah kata – kata yang bermakna, mewakili merek, serta dekat dengan lingkungan dan kehidupan yang dekat dengan konsumen.

2. Membangun Citra Secara Aktif Melalui Media Sosial 

Media sosial merupakan sarana yang kuat di era digital untuk membangun citra brand kita, sosial media merupakan sebuah pertemuan dalam jaringan atau wadah sebuah komunitas, budaya, enterprise, entitas, kelembagaan semua menjadi satu disitu, saling berinteraksi dan saling bertukar informasi. Oleh sebab itu, sangat menjadi mungkin layak apabila brand kita dapat dikenal lebih banyak di komunitas dalam jaringan di sosial media. Hampir setiap waktu penduduk di Indonesia menggunakan serta mengakses media sosial untuk tujuan macam – macam. Dapat memilih segmen pasar spesifik yang lebih luas.

3. Membuat Website Menarik dan Informatif 

Buatlah Website yang user friendly supaya memudahkan konsumen untuk mengakses website milik kita. Di dalam website buatkan katalog produk ataupun jasa yang kita tawarkan dengan bahasa sederhana dan mudah dimengerti konsumen. Berikanlah artikel – artikel yang berisi informasi baik yang relevan dengan mereka ataupun sebaliknya yang relevan dengan produk – produk brand kita.

4. Menggunakan Fitur Promosi

Apabila brand anda baru dan belum luas dikenal, upayakanlah melakukan co-branding dengan brand yang lebih terkenal. Bentuk kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan citra produk atau jasa yang ditawarkan secara tidak langsung dapat mengangkat citra kedua brand produk mereka, namun sebelum melakukan strategi ini alangkah baiknya apabila melakukan riset terlebih dahulu supaya co-branding yang sedianya akan dilakukan kerjasama tidak mempunyai citra yang buruk serta mempunyai profil konsumen yang sama dengan brand anda. Melakukan promosi di platform digital bisa melalui Facebook ads Instagram ads. Hal tersebut sangat efektif untuk pengenalan brand kita kepada konsumen pada tahap awal. Menggunakan influencer untuk memberikan promosi produk di berbagai media sosial yang mereka miliki. Para influencer ini tentunya mempunyai jangkauan audiens serta followers yang cakupannya luas.

Berikut diatas berbagai macam cara untuk mengurus brand awareness, jangan lupa selalu mengalokasikan anggaran untuk perawatan brand awareness  serta melakukan strategi  yang sesuai seefektif dan seefisien mungkin  sehingga brand awareness yang dimiliki dapat dianalisis sesuai kebutuhan anggaran yang dimiliki. Semoga bermanfaat.