Kenali Tugas Penting dari Digital Marketer

digital marketing job desk

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan pekerjaan digital marketing? Pada saat ini memang sudah menjadi era revolusi digital yang artinya ada banyak orang memakai teknologi internet sebagai sebuah langkah inovatif di lingkup perdagangan dan penjualan. Hal tersebut akhirnya menuntut para ahli marketing yang wajib lagi untuk belajar menjadi seorang digital marketing sehingga belajar dari awal lagi. Nah, apa sajakah tugas penting yang dikerjakan oleh digital marketing? Mari simak ulasannya berikut ini. 

Apa saja pekerjaan Digital Marketing?

Sama seperti sebelumnya, perkembangan pada dunia teknologi merupakan salah satu faktor pendukung berkembangnya Digital Marketing sekarang ini. Yang berarti, konsumen tidak lagi hanya melakukan belanja secara konvensional saja, misalnya tatap muka ataupun mengunjungi toko secara langsung. 

Tetapi, saat ini mereka bisa melakukan belanja secara langsung lewat dari gadgetnya. Bagi kamu yang ingin menjangkau para konsumen secara online ini merupakan salah satu proses dari Digital Marketing yang sangat diperlukan. Karena arti dari Digital Marketing sendiri yakni sebuah proses untuk mempromosikan produk atau jasa dengan menggunakan media elektronik, supaya bisa menjangkau konsumen secara personal, real time, dan relevan. 

Berikut tugas utama dari Digital Marketing

Pekerjaan dari Digital Marketing ini mempunyai beberapa proses dan teknik yang kompleks. Tidak heran, jika menjadi seorang Digital Marketing ini bisa menghasilkan untung yang banyak dan menjadi peluang yang sangat dicari saat ini. 

Pada dasarnya, pekerjaan ini memiliki tanggung jawab untuk semua hal yang bersangkutan dengan pemasaran dan branding produk secara online. Sama seperti Search Engine Optimization (SEO), Email Marketing, Social Media, Content Marketing, Video Marketing, dan Search Engine Marketing. 

Ada beberapa contoh strategi pemasaran yang ada di digital marketing: 

  • Search Engine Optimization, yaitu sebuah strategi digital marketing yang memanfaatkan hasil pencarian dari search engine untuk pemasaran. 
  • Iklan Online, strategi pemasaran yang memanfaatkan iklan online di media sosial, seperti Google ads, Instagram ads, Facebook ads, dll. 
  • Iklan televisi atau radio, strategi pemasaran melalui iklan di televisi maupun radio.
  • Videotron, strategi pemasaran digital yang memanfaatkan billboard elektronik.
  • Email Marketing, strategi pemasaran yang memanfaatkan media berupa email untuk melakukan pemasaran. 

Nah, seseorang yang bisa menangani berbagai macam kebutuhan Digital Marketing tersebut bisa dibilang sebagai seorang Digital Marketing Specialist atau Digital Marketing Manager. 

Apa saja job desk dari seorang Digital Marketing? 

Pada dasarnya, orang yang bisa menghandle pekerjaan Digital Marketing memang bisa dibilang sebagai seorang Digital Marketing Specialist. Tetapi, ada berbagai job desk sebagai seorang digital marketer yang akan banyak kita temukan, seperti: 

  • Digital Strategies, yaitu seorang yang bertugas untuk mengkonsep dan juga memikirkan ide campaign marketing pada ruang lingkup digital secara keseluruhan. 
  • Social Media Strategies yaitu seorang yang bertugas untuk mengkonsepkan dan juga merancang distribusi content campaign marketing di media sosial. 
  • Social Media Specialist yaitu seorang yang bertugas untuk memantau dan meningkatkan engagement penggemar dan pelanggan produk dengan cara penyampaian content di media sosial. 
  • SEO Specialist yaitu seorang yang bertugas untuk melakukan optimalisasi dan meningkatkan ranking website bisnis dan juga produk di mesin pencari. 

Apa yang harus dilakukan dan pelajari untuk menjadi seorang digital marketing? 

Setelah kamu mengetahui apa saja yang pekerjaan dari digital marketing. Lalu, bagaimana jika kamu tertarik untuk terjun ke dalam dunia Digital Marketing? Apa saja yang akan kamu lakukan untuk menjadi seorang digital marketer? Untuk bisa terjun dalam bidang ini, kamu harus memiliki beberapa basic skill. 

Selain itu, tidak lupa juga sertifikasi Digital Marketing pun jangan sampai ketinggalan. Sebab, pada saat ini sertifikasi Digital Marketing sangat dibutuhkan untuk pengakuan kompetensi Digital Marketing yang kamu miliki dan juga sebagai penunjang karir sebagai Digital Marketing yang sedang kamu jalani. Kamu juga harus bisa menguasai berbagai macam tools dasar Digital Marketing yang akan bermanfaat untuk mempermudah pekerjaan mu. 

Langkah awal menjadi seorang digital marketing

Sama dengan penjelasan di atas, yang mengatakan bahwa digital marketing mempunyai lingkup yang sangat luas. Sehingga kamu memerlukan strategi dan resource yang wajib kamu pahami dan kuasai untuk bisa menentukan bagaimana pemasaran via online bisa berjalan dengan baik. 

Kamu juga membutuhkan aset digital, karena sangat penting untuk mengawali pekerjaan sebagai seorang digital marketer. Kamu bisa memiliki aset digital, seperti website, akun media sosial (Instagram ads, Google ads, Twitter, dll), Logo atau identitas brand, dan juga testimoni. 

Nah, demikianlah beberapa informasi tentang ruang lingkup kerja dari seorang digital marketer yang bisa kamu pahami dan terapkan jika kamu tertarik untuk menjadi seorang digital marketing. 

  •  
  •  
  •