Melihat Beberapa Tools Digital Marketing

free digital marketing tools

Untuk kamu yang ingin membangun bisnis atau jika kamu ingin menjadi seorang digital marketer dari suatu bisnis. Maka saat ini, kamu bisa melakukan pemasaran bisnis dengan menggunakan media online yang sudah menjadi suatu hal yang saat ini sudah lumrah dilakukan oleh para pelaku usaha kecil hingga menengah. Untuk itu, mari kita bahas online marketing tools yang dapat kamu gunakan untuk melakukan promosi secara online. 

Jika kamu berniat untuk membangun bisnis, kamu juga harus bisa untuk mengendalikan pemasaran produk atau jasa yang akan kamu tawaran. Promosi secara online menjadi salah satu strategi yang harus kamu pahami. Namun, tidak perlu khawatir karena saat ini kamu bisa memanfaatkan beberapa tools di bawah ini untuk memasarkan produk atau jasa yang kamu miliki. 

1. Canva

Jika kamu ingin membuat suatu bisnis, maka awali dengan membangun identitas brand yang kamu miliki terlebih dahulu dimulai dari membuat nama brand dan maknanya, logo serta detail-detail font, dan vibe yang ingin kamu tonjolkan melalui brand mu. Oleh sebab itu, saat ini Canva telah menyediakan lebih dari 100 ribu template yang bisa kamu gunakan secara gratis untuk membuat desain tampilan brand milik mu. 

Disana kamu bisa mendesain logo, kartu nama, poster, flyer, brosur, dan daftar menu. Selain itu, kamu juga dapat memilih berbagai ukuran yang sesuai dengan media sosial yang akan kamu gunakan untuk promosi.

2. Trello 

Setelah kamu menentukan tampilan dan karakter dari brand mu, sekarang waktunya kamu untuk melakukan perencanaan. Bukan hanya untuk media sosial, kamu juga dapat memakai Trello untuk mengatur segala persiapan yang akan kamu butuhkan untuk mempromosikan brand mu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan website ini untuk membuat daftar ceklis, mengupload foto atau file, dan mengundang member ada di dalam daftar pengurus bisnis mu untuk ikut bergabung. 

3. Hootsuite 

Kamu bisa melakukan pengorganisiran dengan menggunakan fitur dari website ini, mulai dari unggahan sosial bisnismu, respon dari para pengikut media sosial maupun pelanggan dari platform media sosial lain yang kamu gunakan untuk mempromosikan bisnis. 

Jika kamu ingin bisnis ini tidak melibatkan banyak akun media sosial di platform yang sama, maka kamu dapat memilih paket Profesional yang dibandrol dari harga Rp 400 ribu untuk setiap bulannya. Namun, jika bisnismu merupakan agensi yang mengurus media sosial milik orang lain, maka sebaiknya kamu gunakan paket Team, Enterprise atau Business dengan harga mulai dari Rp 1,8 juta per bulannya. 

Nah, tapi saat ini kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk lakukan pembayaran.  

Jika menurutmu Hootsuite tergolong mahal, maka kamu bisa menggunakan Buffer yang hampir sama kualitasnya dengan Hootsuite. Buffer menyediakan layanan yang sama tapi dengan harga yang lebih murah. Karena mereka memberikan harga yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu bisa gunakan paket Pro dengan harga yang relatif murah yaitu hanya Rp 200 ribu saja, atau bisa pilih paket Premium dan Business dengan harga mulai dari Rp 900 ribu. 

4. Ahrefs dan Google Trends

Kamu bisa menggunakan dua tools di atas untuk menentukan keyword yang akan kamu gunakan. Namun, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa visual brand dan media sosialmu sudah terorganisir dengan baik, maka kamu bisa menggunakan dua tools tersebut. 

5. Yoast SEO 

Tools ini berfungsi untuk menaikkan peringkat website. Untuk lebih jelasnya, fitur ini adalah plug in atau kode software untuk bisa menjalankan fungsi tertentu di dalam Content Management System (CMS). Selain itu, tools ini juga bisa digunakan untuk menentukan keyword fokus dan juga menganalisis isi artikel pada website yang kamu miliki, sehingga bisa lebih mudah untuk dideteksi oleh SEO di mesin pencarian. 

Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa meningkatkan ranking website mu yang akan berdampak pada bisnis mu yang akan meningkat. 

6. Google Analytics 

Jika kamu telah melengkapi website dengan semua marketing tools yang ada di atas, maka kamu bisa lakukan analisis website untuk mengetahui perkembangan website mu. Kamu bisa gunakan Google Analytics untuk menganalisis jumlah dan apa yang sedang dibutuhkan oleh para konsumen. 

7. Google Ads 

Google Ads adalah salah satu marketing tools yang dapat kamu gunakan untuk membuat promosi untuk bisnismu. Tools ini akan membuatkan iklan berupa display visual, video, teks, dan juga etalase untuk berbagai produk yang kamu miliki. Kamu bisa gunakan beberapa tipe iklan Google ini untuk diaplikasikan dalam promosi mu, seperti Google Adwords dan Google Display Network (GDN). 

Nah, itulah informasi terkait tool digital marketing yang bisa kamu gunakan untuk membantu membangun bisnis mu agar bisa sukses.  

  •  
  •  
  •