Tutorial Cara Membuat Iklan di Google

Melesatnya perkembangan internet sekarang ini sangat membuka peluang untuk menghasilkan Cuan dari media online, banyak sekali pebisnis mulai dari produsen ataupun retailer yang menggunakan teknologi internet untuk memasarkan produknya secara global, tidak hanya didalam negeri akan tetapi sudah melebar ke luar negeri.

Berkembangnya teknologi internet membantu gerakan bisnis dengan pasar yang lebih luas dan juga internet untuk sangat ini menjadi salah satu kebutuhan orang sehari-hari, semua akses seperti belajar mengajar dan bekerja pun sudah membutuhkan teknologi internet.

Dampak positif berkembangnya teknologi internet juga mempengaruhi banyak aspek kehidupan, dari semula menggunakan internet hanya untuk hiburan, sekarang ini di dalam internet juga ada media untuk membangun bisnis dari nol. selain itu internet juga memberikan manfaat positif bagi pelaku usaha seperti efisiensi waktu dan biaya, lebih mendekatkan diri dengan klien walaupun tanpa tatap muka, meningkatkan kerja sama tim dengan komunikasi yang baik. Hal tersebut semakin membuat teknologi internet semakin populer. salah satu cara yang sangat populer dan mudah digunakan adalah dengan Google adsense.

Manfaat Internet untuk Perkembangan Bisnis

Dalam penerapan bisnis menggunakan teknologi internet pastinya akan memberikan dampak positif, namun kebutuhan setiap orang dalam menggunakan internet akan berbeda-beda, jadi harus menganalisa target pasar dan siapa tujuan bisnis tersebut. manfaat yang didapat dari internet untuk bisnis yang kamu jalani?

  1. Dapat menganalisa produk yang akan dilempar ke pasaran dan kemana arah tujuan targetnya
  2. Internet dapat memperluas informasi pemasaran produk atau jasa menggunakan fitur-fitur berbayar yang ada di teknologi internet saat ini.
  3. Internet sebagai media informasi umum dan dapat juga dimanfaatkan untuk kebutuhan riset pebisnis online maupun offline.
  4. Internet sangat membantu untuk berkomunikasi dengan cepat tanpa harus memikirkan jarak dan waktu tempuh seseorang
  5. Internet sangat membantu seseorang untuk mengirimkan dokumen dan menerima dokumen untuk kebutuhan pebisnis maupun instansi pemerintahan
  6. Internet sebagai media pemasaran produk atau jasa dengan lingkup yang lebih luas dan menghemat biaya operasional.

Apa itu Google Ads?

Sebelum kamu membuat bisnis kamu secara online, sebaiknya memahami dulu teori apa yang dimaksud google ads. jadi google ads adalah model pengiklanan yang memiliki dasar Cost per Click (CPC) yang memberikan manfaat kepada pemilik website untuk mendapatkan Cuan dari iklan yang dipasang dengan Google ads. 

Sejak adanya Google ads hampir seluruh pebisnis yang memiliki website untuk menawarkan produknya bergabung menjadi publisher di Google ads. Di Indonesia pengguna media iklan google ads setiap tahunnya selalu meningkat, karena adsense memberikan kemudahan dalam mengembangkan pemasaran produk atau jasa secara massal dan terintegrasi dengan internet sesuai kebutuhan dan minat dari publisher tersebut.

Cara Membuat Iklan Melalui Google

Membuat iklan atau pemasaran yang baik akan membantu perkembangan bisnis yang kamu miliki, website juga akan memunculkan traffic yang tinggi jika dapat memasarkan melalui google ads. untuk membantu naiknya traffic pada website, kamu juga harus membuat konten yang berkualitas tinggi, sehingga para pengunjung semakin tertarik untuk mengklik website yang kamu iklankan di google.

Langkah yang pertama adalah membuat terlebih dahulu akun google, Jika sudah selesai mendaftarkan diri di Google Ads lalu kamu akan ditawarkan atau diarahkan untuk membuat Smart Campaign, lalu jika sudah selesai Google akan mengatur secara otomatis iklan yang sudah kamu isi dengan bantuan Machine learning. dan didalam halaman selanjutnya akan muncul pilihan selanjutnya jika kamu ingin kontrol sendiri terhadap iklan yang sudah dibuat dengan klik menu Switch to Expert Mode. Lalu apa saja cara untuk membuat iklan di Google? simak penjelasannya dibawah ini ya,

  1. Membuat akun Google dan Google Ads
  2. Membuat Target Market Pengiklanan
  3. Memilih Tampilan Iklan
  4. Melengkapi Pengaturan Dasar Iklan pada menu Google Ads
  5. Memilih Jangkauan lokasi dan bahasa sesuai kebutuhan Iklan
  6. Menentukan durasi lama iklan akan berlangsung
  7. Menentukan Anggaran biaya Iklan selama durasi iklan berlangsung
  8. Menentukan target market dan target Audience sesuai kebutuhan
  9. Menentukan atau Mengatur Keyword untuk pengiklanan di Ad Group
  10. Setelah langkah-langkah diatas sudah dilakukan selanjutnya bisa klik Membuat Ad copy
  11. Selanjutnya sebelum iklan yang kamu atur naik ke Adsense, sebelumnya untuk keamanan melakukan review terlebih dahulu.
  12. Melengkapi langkah yang terakhir yaitu Pembayaran iklan di Google Ads yang sudah kamu atur sesuai kebutuhan. biasanya bisa dibayarkan melalui m-banking atau transfer melalui mobile banking.

Nah itulah penjelasan internet untuk pelaku usaha dan tutorial bagaimana cara atau langkah dalam membuat iklan di Google. semoga bermanfaat