Yuk, Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Digital Marketing?

Zaman ini kompetisi bisnis sekarang jadi berbeda dengan 20 tahun lalu. Apabila dahulu pada perusahaan memakai Teknik penjualan dengan door to door menjadi sebuah Bkt pemasaran yang sangat ampuh, tetapi sekarang hal tersebut tidak lagi efektif. Digital marketing merupakan strategi yang bisa menggantikannya.

Untuk strategi yang satu ini yaitu salah satu strategi pemasaran yang cakupannya luas sekali. Apabila anda ingin menguasai nya, maka Anda wajib mempelajari medianya dan mempraktekkan ilmu tersebut. Nah, selengkapnya mengenai digital marketing, kelebihan, manfaat, serta contoh dari digital marketing dapat anda simak dalam pembahasan berikut ini.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing merupakan sebuah tren baru yang harus Anda dan tim pelajari dan kuasai bila tidak ingin tersaingi oleh perusahaan lainnya. Masing masing ahli memiliki cara yang berbeda beda untuk menentukan definisi dari digital marketing ini. Namun, pengertian yang satu ini mengacu ke ahli pemasaran digital yang sangat terkemuka di dunia.

Dikutip dari Marketo, definisi dari digital marketing yaitu strategi tinggi yang berbentuk iklan atau pra masih yang disebarkan di media sosial yang lama, aplikasi, dan email.  Menurut Smart Insights, definisi pemasaran digital yaitu kemampuan menjangkau pelanggan di seluruh perangkat, media, platform, teknologi digital dan data. Sedangkan Hubspot mengatakan istilah pemasaran digital mencakup seluruh kegiatan pemasaran melalui penggunaan internet dan pelanggan elektronik.

 Dari pengertian di sini bisa disimpulkan jika pengertian dari digital marketing merupakan strategi untuk memperoleh pelanggan dengan memanfaatkan banyak perangkat digital non-fisik dan fisik.

Keunggulan dari digital marketing

Sesudah mengetahui pengertian dari digital marketing, sekarang waktunya untuk mengulas beberapa keunggulan yang dimiliki digital marketing daripada cara pemasaran tradisional seperti berikut ini. 

1. Hemat biaya

Keunggulan pertama yang dimiliki digital marketing yaitu biayanya sangat murah dibandingkan dengan cara pemasaran tradisional. Proses awal brandingnya, Anda mungkin memerlukan biaya yang besar. Namun sesudah brand dan pengikut akun Anda terbangun, maka Anda hanya mengeluarkan sedikit biaya untuk digital marketing ini.

2. Tidak banyak SDM untuk pemasaran

Tentu saja pengeluaran terbesar ada di marketing tradisional yaitu gaji untuk karyawan. Namun, hal tersebut tidak menjadi masalah ketika Anda menggunakan strategi digital marketing ini. Anda tidak lagi harus membayar banyak karyawan untuk menjual produk anda di jalanan atau ke rumah warga. Hanya dengan promosi di sosial media, Anda telah dapat menjual produk. 

3. Tim tidak harus pergi ke lapangan

Unggulan dari digital marketing nya itu masih berhubungan dengan poin di atas. Digital marketing merupakan salah satu strategi yang menjadikan tim Anda tidak harus cari pelanggan. Hanya dengan duduk di depan komputer atau hp serta memanfaatkan jaringan internet, Tim Anda telah bisa promosi.

4. Branding lebih murah

Keunggulan digital marketing selanjutnya yang harus anda ketahui yaitu saat proses branding akan lebih cepat dan mudah. Ada kelemahan paling besar dari pemasaran tradisional yaitu jangkauan promosi sangat terbatas. Untuk strategi tradisional, Anda harus mengeluarkan uang banyak bila ingin menjalankan branding ke semua pelanggan. 

Berbeda dengan bila Anda menggunakan strategi digital marketing, anda hanya perlu memposting satu kali iklan atau konten, maka Anda dapat menjangkau seluruh konsumen yang ada di Indonesia bahkan hingga keluar negeri.

5. Peluang pertumbuhan meningkat

Poin berikutnya dari keunggulan digital marketing yaitu peluang pertumbuhan sangat tinggi dari usaha anda, khususnya pada Sisi penjualan. Sekarang sudah banyak sekali contoh bisnis yang maju hanya dalam hitungan bulan saja sebab memanfaatkan strategi yang satu ini dengan pemasaran ini, Anda tidak perlu lagi membutuhkan 10 hingga 20 tahun untuk menjadi seorang pengusaha. 

Manfaat digital marketing

Sesudah mengulas tentang keunggulan dari digital marketing daripada pemasaran tradisional, sekarang saatnya kita mengulas manfaat dari disetel marketing untuk perusahaan Anda.

1. Menghapus Batasan waktu dan wilayah pemasaran

Poin pertama dari manfaat digital marketing yaitu terhapusnya semua Batasan wilayah untuk pemasaran. Anda dapat secara bebas mempromosikan jasa atau produk ada kapanpun dan dimanapun, mulai dari skala lokal sampai internasional.

2. Lebih cepat dan berhasil menargetkan

Manfaat selanjutnya yaitu sistem penjualan barang anda lebih cepat dan sesuai dengan minat dari para pelanggan. Sekarang Anda hanya memasang iklan di sosial media, Anda dapat menentukan kriteria pelanggan yang ingin anda Targetkan. Dengan begitu, iklan Anda menjadi lebih efisien dan dapat memperoleh penjualan dengan lebih mudah. 

3. Mendapatkan banyak keuntungan

Kesempatan mendapatkan banyak keuntungan hanya dengan waktu yang singkat saja ini menjadi keunggulan yang harus anda ketahui dari digital marketing. Walaupun tetap memerlukan usaha yang besar, strategi ini merupakan jalan yang paling habis Yan dan efektif untuk menjangkau banyak pelanggan dan mempromosikan produk Anda tanpa biaya.