Berikut Ini Gaji Digital Marketing

digital marketing

Digital marketing saat ini menjadi trend dalam memasarkan produk ataupun jasa dan sudah banyak dilakukan oleh banyak perusahaan tidak hanya di dalam negeri namun juga di luar negeri. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini kegiatan pemasaran dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien.

Digital marketing banyak dilakukan sebab lebih mudah dan dapat dikontrol dengan baik. Selain itu dalam proses pemasarannya kegiatan digital marketing dinilai lebih murah dibandingkan dengan menggunakan metode pemasaran konvensional. Selain itu dengan menggunakan strategi kita bisa menjangkau lebih banyak konsumen yang ada di setiap daerah maupun negara lain.

Agar dapat menjalankan digital marketing dengan baik maka perusahaan membutuhkan digital marketer. Apa itu digital marketer ? digital marketer adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk mengelola jalanan digital marketing mulai dari perencanaan, operasional, hingga evaluasi. Dengan begitu goals yang diinginkan lebih mudah untuk dicapai.

Sebagai staff digital marketer Anda bertanggung jawab untuk branding produk ataupun jasa dari perusahaan melalui media digital baik itu website, email ataupun media sosial. Tentu dalam membangun brand awareness Anda juga perlu menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen. Seorang digital marketer tentunya harus memiliki kemampuan akan SEO, SEM dan juga SMM.

Menghitung Besaran Gaji Digital Marketing

Sebagian besar orang mengatakan bahwa gaji pekerja digital marketing cukup besar namun kita tidak bisa memukul rata sebab ada berbagai faktor yang mempengaruhi berapa besar gaji pekerja digital marketing. Hal itu juga tergantung perusahaan dan daerah tempat dimana Anda bekerja. Selain itu pengalaman dan juga skill mempengaruhi seberapa besar gaji yang Anda terima.

Jika dirata rata atau secara umum, gaji pekerja digital berkisar 5 hingga 6 juta rupiah perbulannya. Namun seperti yang sudah dijelaskan di atas gaji pekerja digital marketing tergantung daerah dan UMP tempat Anda bekerja. Bagi yang ingin mengetahui bagaimana perhitungan gaji pekerja digital marketing sesuai UMP daerah masing masing berikut penjelasan singkatnya.

  1. Gaji rata rata bagi fresh graduate yang tidak memiliki pengalaman bisa menggunakan perhitungan 1 – 1,5 x gajI UMP.
  2. Bagi Anda yang sudah bekerja dan memiliki pengalaman 2 hingga 3 tahun, gaji rata rata yang bisa Anda dapatkan yaitu sekitar 2 – 2,5 x gaji UMP.
  3. Apabila Anda berada di posisi supervisor yang memiliki pengalaman 5 tahun atau lebih bisa mendapatkan gaji sekitar 3,5 x gaji UMP
  4. Pada level manajerial gaji yang bisa Anda dapatkan 5 x gaji UMP dan tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan gaji lebih dari itu.

Keahlian Dalam Digital Marketing

Bagi Anda yang hendak terjun sebagai pekerja digital marketing setidaknya memiliki dua keahlian yaitu pemasaran dan juga teknologi digital. Dengan memiliki dua keahlian tersebut Anda sudah memiliki modal untuk menjadi pekerja digital marketing. Kenapa dua keahlian tersebut wajib dimiliki berikut penjelasannya.

Keahlian pemasaran, dimana Anda dituntut mampu menganalisa pasar seperti melihat tren, membangun strategi hingga melihat strategi pasar kompetitor akan sangat membantu dalam proses pemasaran produk atau jasa kepada konsumen yang tepat sasaran. Apalagi dalam ilmu pemasaran dimana analisa pasar merupakan hal yang cukup penting untuk branding produk. Tidak lupa juga kemampuan berbahasa asing sangat diperlukan sebagai nilai tambah.

Sedangkan teknologi digital akan membantu Anda dalam mengembangakan website dan SEO hingga menguasai beberapa media sosial. Sebagai pekerja digital marketing Anda juga dituntut untuk memiliki kreatifitas yang banyak agar dapat menciptakan konten yang menarik bagi konsumen. Meskipun gaji pekerja digital berbeda beda tergantung perusahaan tempat Anda kerja namun dengan memiliki kemampuan dan skill Anda bisa meningkatkan nilai jual diri Anda.

Jurusan dan Jenjang Karir bagi Anda yang Ingin Menjadi Pekerja Digital Marketing

Sebagai pekerja digital marketing tentu Anda harus melek teknologi maka dari itu ilmu yang Anda harus kuasai adalah sistem informasi, teknik informasi dan ilmu komputer. Karena pekerjaan ini tidak lepas dari namanya pemasaran dimana Anda setidaknya memiliki kemampuan dalam ilmu komunikasi, bisnis, dan ilmu pemasaran lainnya.

Lalu bagaimana dengan jenjang karir pekerjaan ini ? dari beberapa sumber banyak yang mengatakan bahwa jenjang karir pekerjaan ini sangatlah baik. Anda bisa memulai dari posisi bawah yaitu sebagai digital marketing officer kemudian naik ke atas hingga mendapatkan jabatan digital marketing executive.

Itulah penjelasan mengenai gaji dan juga ruang lingkup pada profesi pekerja digital marketing. Semoga tulisan diatas dapat menambah wawasan Anda mengenai ruang lingkup digital marketing serta informasi yang kami bagikan dapat menjadi referensi bagi Anda yang memiliki minat sebagai seorang digital marketer khususnya di Indonesia.

Jangan lupa untuk rajin menabung setiap bulannya dengan menggunakan Aplikasi Senyumku

  •  
  •  
  •