Strategi-strategi Digital Marketing yang Paling Efektif Saat Ini

Berbicara mengenai strategi pemasaran mungkin terdengar sangat sederhana. Sebab banyak orang yang mulai membuka usaha hanya berbekal pengetahuan jika pemasaran dan promosi merupakan hal yang simple untuk dilakukan di media sosial dan hanya menunggu calon pembeli saja.

Kenyataannya strategi pemasaran adalah sebuah hal yang sangat kompleks dibandingkan dengan pemikiran tersebut. Apalagi di zaman digital seperti ini tidak hanya sekedar radio, televisi, atau koran saja.

Jika di acara tradisional saja strategi pemasaran telah dibagi bagi, tentunya di udah mandi digital ini di mana media memiliki berbagai jenis. Tinya akan lebih banyak pula strategi pemasaran yang harus Anda lakukan. Ada wajib benar benar bekerja keras untuk menemukan cara pemasaran yang tepat di Era digital seperti saat ini untuk perusahaan Anda. Inilah beberapa strategi untuk digital marketing yang harus anda ketahui.

1. Cloud Marketing

Untuk strategi yang satu ini merupakan Sulur usaha pemasaran yang dilakukan secara digital, khusus guna meningkatkan pengalaman para pelanggan. Selain itu, Cloud Marketing pun membawa seluruh sumberdaya dan semua aset perusahaan dalam dunia online.

Cara pemasaran yang satu ini adalah bentuk dasar dalam berdagang secara online. Berdagang online ini memiliki tujuan yaitu menjangkau pelanggan di mana saja mereka berada, baik saat mereka sedang membuka sosial media, mengunjungi website, ataupun memeriksa email.

2. Online Marketing

Strategi berikutnya yang harus anda ketahui yaitu online marketing ini yang menjadi cara pemasaran menggunakan internet. Aktivitas pemasaran yang satu ini untuk memperoleh perhatian dari para pelanggan dengan memanfaatkan website, email, sosial media, hingga augmented reality.

Tentu saja hal tersebut dapat dilakukan oleh anda dengan memanfaatkan  iklan berbayar, postingan atau konten yang berkualitas serta sederhana menggunakan online media. Satu konten yang di unggah di sosial media dapat diakses oleh lebih dari miliaran orang di seluruh belahan dunia. Bila memakai online marketing, di mana pun bisnis anda bisa dijalankan, akan selalu bisa memperoleh perhatian dari seluruh dunia.

3. Close Range Marketing

Cara pemasaran digital yang satu ini menggunakan perangkat yang bisa menjalankan Wifi dan Bluetooth misalnya smartphone. Dalam pemasaran ini perusahaan menggunakan Wifi dan Bluetooth guna mengirim produk, layanan, atau promosi pada konsumen saat mereka sedang berbelanja.

Apabila pelanggan melakukan klik “Ya” pada tombol, secara langsung mereka memberikan izin untuk perusahaan Anda mengirimkan banyak pesan penawaran khusus Untuk nya.

4. Call to Action

Strategi yang ini sering disebut dengan CTA yang merupakan salah satu strategi yang memakai pernyataan yang telah dirancang untuk memperoleh respon secara langsung dari para pembaca maupun pendengarnya. Apabila Anda sering menemukan kata kata seperti “tonton video berikut ini” atau “klik tautan di bawah ini” ataupun lainnya, berarti anda telah terpapar oleh strategi CTA ini. Strategi ini bertujuan untuk memperoleh pemindaian QR code ataupun memperoleh klik.

5. Email Marketing

Sama seperti Namanya, cara pemasaran digital yang satu ini memanfaatkan email menjadi media untuk promosi perusahaan Anda. Biasanya para pihak pemasar selalu mengirimkan email ke calon pelanggan maupun pelanggan setia. 

Tentunya bertujuan untuk menawarkan barang atau produk supaya memperoleh pelanggan Baru, menjalin hubungan dengan para pelanggan setia, dan memberi update terbaru mengenai barang ataupun produk. Tegi ini bisa dikatakan efektif sebab sangat personal dan dipromosikan langsung ke email calon pelanggan.

6. Augmented Reality

Strategi berikut ini akan memberikan pengalaman yang cukup unik dalam memakai teknologi zaman ini. Strategi ini merupakan kemampuan guna menambah elemen digital sehingga menjadikan orang bisa melihat tampilan secara langsung hanya dengan kamera saja.

Untuk pemasaran umumnya anda bisa memakai teknologi tersebut untuk membuat pelanggan bisa mencobanya secara virtual sebelum membeli. Misalnya, toko kosmetik yang memakai aplikasi virtual untuk memastikan pelanggan bisa melihat bagaimana bila produk tersebut dipakai diwajah mereka.

7. Inbound Marketing

Tegi marketing ini merupakan cara pemasaran digital yang memanfaatkan konten dan interaksi yang solutif dan relevan guna membuat pelanggan mendekatkan diri untuk layanan atau produk dari perusahaan Anda. 

Dengan memanfaatkan kebiasaan dari pelanggan sekarang yang setiap harinya memakai internet, strategi marketing yang satu ini benar benar memaksimalkan social media, website, blog pribadi, dan email. Melalui semua platform tersebut, anda dapat memberikan konten yang berkualitas sehingga bisa menarik perhatian pelanggan.

8. Content Marketing

Strategi ini adalah sebuah proses pemasaran yang membuat dan mempromosikan konten yang relevan guna memperoleh, menarik, dan melibatkan pelanggan. Konten tersebut bisa berbentuk video, audio, artikel, teori, dan halo apapun yang menarik,  bernilai dan relevan menjadi kunci kesuksesan untuk metoda yang satu ini.

Nah, itu tadi beberapa strategi digital marketing yang sangat efektif untuk sekarang. Selamat mencoba!