Catat! Inilah Tools Rahasia Digital Marketing yang Digunakan Para Pebisnis

Menjalankan bisnis di era digital tentu menjadi tantangan besar bagi setiap orang. Meskipun terlihat mudah – buat produk, upload, promosi, dan menunggu calon konsumen datang dengan sendirinya –  belum tentu dampak yang diberikan bisa meningkatkan penjualan Anda. Berbisnis di dunia digital ini ternyata mengharuskan para pebisnis untuk melakukan banyak hal. Oleh karena itu, Anda membutuhkan marketing tools terbaik untuk memudahkan pekerjaan tersebut.

Bukan rahasia umum lagi jika sekarang tools digital marketing semakin gencar digunakan untuk menunjang kegiatan promosi bisnis di dunia online. Tools digital marketing tentu sangat membantu setiap bisnis untuk lebih maju dan berkembang. Selain terbantu dari segi waktu dan tenaga, kegiatan pemasaran di dunia digital juga jauh lebih efektif, cepat, dapat diukur dengan jelas, bisa dipantau, serta lebih minim budgetnya dari tradisional marketing.

Tools digital marketing merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis, khususnya dalam hal promosi. Jadi, tidak melulu soal pay per click atau iklan di sosial media, tetapi tentang bagaimana caranya bisa membangun interaksi dengan calon konsumen melalui media yang digunakan.

Berbicara mengenai tools digital marketing, para digital marketer telah mengandalkan beberapa tools berikut ini untuk mengelola bisnis secara keseluruhan. Namun sebelum dibahas lebih lanjut, pastikan Anda sudah mempelajari tentang digital marketing. Karena tanpa memahami tentang strategi pemasaran online tersebut, tidak mungkin Anda bisa memanfaatkan tools berikut dengan maksimal.

Tools Digital Marketing Pilihan Para Pebisnis

Semua yang Anda butuhkan mulai dari suplemen ide promosi, iklan, email marketing, sosial media, sumber foto HD, aplikasi desain, sumber data, hingga to-do-lists semuanya ada disini. Yuk, disimak!

  1.     SEMRush

Data sangat penting untuk bisnis, dan Anda memperolehnya dari kuesioner dan survei. Di era marketing digital, data bisa Anda dapatkan melalui SEMRush (tools marketing untuk jualan online) yang dapat memberikan informasi tentang performa marketing dari segala aspek. Misalnya pada saat Anda ingin melakukan evaluasi terhadap  kegiatan promosi dari segi content marketing, iklan berbayar, website, maupun sosial media. Anda juga bisa mengakses data milik kompetitor melalui SEMRush, dengan begitu mudah sekali melihat potensi mana yang masih bisa dikembangkan lagi. Beberapa fitur unggulan SEMRush

  • Fitur evaluasi dan pemantauan optimasi SEO.
  • Fitur riset untuk content marketing, insight performa kompetitor, dan fitur yang bisa digunakan untuk mengelola sosial media.
  • Fitur riset dan evaluasi iklan PPC (Pay Per Click).
  1.     Hubspot

Hubspot merupakan sebuah CRM (Customer Relationship Management) yang memudahkan Anda mengurus kontak dengan calon konsumen. Anda bisa memantau komunikasi (respon, negosiasi, deal) lewat visual dashboard yang disediakan hingga selesai, apalagi sudah terintegrasi dengan email bisnis. Keunggulan Hubspot:

  • Dapat mengelola kontak konsumen.
  • Mencatat segala komunikasi dengan detail.
  • Membuat konten dan jadwal kirim email marketing lebih mudah.
  1.     Unsplash

Jika membutuhkan stok foto dengan kualitas HD, Anda dapat mengunjungi situs Unsplash untuk menemukannya. Unsplash menyimpan jutaan foto yang bisa digunakan secara gratis untuk keperluan konten di sosial media. Jadi, Anda tidak perlu membayar lisensi foto meskipun untuk tujuan komersial. Semua foto di Unsplash berkualitas HD dan dapat memenuhi kebutuhan branding Anda. Fitur unggulan Unsplash:

  • Sudah terintegrasi dengan Trello, Squarespace, dan BuzzFeed.
  • Memiliki jutaan gambar berkualitas HD yang terkurasi.
  • Gratis untuk penggunaan pribadi maupun komersial.
  1.     Canva

Visual produk adalah segalanya di dunia digital marketing. Untuk itu, Anda harus mampu membuat tampilan visual yang menarik minat calon konsumen. Jika budget terbatas untuk menyewa jasa desain grafis, Anda bisa memanfaatkan Canva. Tools ini menawarkan berbagai fitur yang bisa membantu Anda menciptakan desain visual yang menarik. Template untuk kebutuhan marketing seperti infografis, poster, banner iklan, konten instagram, hingga logo tersedia dan bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Berikut fitur-fitur unggulan yang dimiliki Canva:

  • Template desain (flyers, business cards, poster, logo, dan lain sebagainya).
  • Pilihan gambar, ikon, ilustrasi, dan foto gratis dan berbayar.
  • Bisa membuat desain sendiri.
  • Dapat didownload dengan format JPG, PNG, Video, GIF, dan PDF.
  1.     Trello

Pencatatan tugas jadi lebih mudah di aplikasi Trello. Apapun bidang bisnisnya, Anda dan tim akan merasakan manfaat aplikasi ini saat mengerjakan proyek. Mulai dari menaruh label kategori, menambah dokumen, mengatur notifikasi deadline, hingga memberikan komentar semua bisa dilakukan di Trello. Sangat cocok digunakan untuk membuat strategi content marketing Anda. Fitur unggulan:

  • Terintegrasi dengan GitHub, Evernote, Google Drive, Slack, dan berbagai layanan lainnya.
  • Terhubung dengan email.
  • Dapat diakses melalui berbagai device (smartphone dan desktop).
  • Unlimited members dan personal boards.
  1.     Google Ads

Google Ads merupakan tools yang digunakan untuk beriklan di mesin pencari Google. Siapa saja bisa memanfaatkan platform ini, apapun format iklan, skala bisnis dan budget Anda, Google Ads siap memenuhinya. Fitur unggulan:

  • Menyediakan berbagai opsi bentuk iklan.
  • Opsi biaya atau anggaran yang fleksibel.
  • Memperbesar eksposur calon konsumen dengan fitur remarketing.

Bisnis Anda bisa lebih sukses dengan tools digital marketing di atas. Jadi, pastikan untuk menguasainya dengan baik, ya.

  •  
  •  
  •