7 Langkah Mudah Buat Website Gratis di Wix

Sekarang ini sudah banyak situs yang menyediakan layanan untuk membuat website. Wix menjadi salah satu penyedia layanan tersebut. Wix sendiri merupakan platform dengan basis cloud penyedia layanan untuk membuat website. Para penggunanya dapat membuat website mobile friendly dan menarik secara gratis tanpa harus mahir coding. 

Cara membuat website di Wix ini terbilang sangat mudah untuk pemula. Namun, untuk Anda yang belum pernah sama sekali membuat website atau blog mungkin akan membutuhkan beberapa penyesuaian untuk tampilan antarmukanya. Tetapi, jangan khawatir, sebab di artikel ini kami akan memberikan tutorial secara lengkap untuk membuat website di Wix. Yuk, ikuti cara membuat websitenya berikut ini! 

1. Buat akun 

Cara yang pertama yaitu Anda terlebih dahulu harus membuat akun, buka halaman Wix di browser Anda. Lalu, buat akun dengan cara mendaftarkan alamat email beserta passwordnya. Anda juga dapat mendaftar menggunakan akun Google atau Facebook jika memilikinya. 

2. Pilih jenis website 

Setelah Anda bisa mendaftar, pilihlah jenis website yang ingin Anda buat. Wix menyediakan sejumlah pilihan seperti portofolio, toko online, blog, dan lainnya. Misalnya, Anda akan membuat blog pribadi, maka klik “blog” di kolom yang tersedia di Wix. 

3. Pilih “Edit a template” 

Selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu memilih jenis website yang akan digunakan. Akan ditampilkan dua pilihan, Anda bebas untuk memilih ingin membiarkan Wix membuatkannya untuk Anda atau mengatur template Anda sendiri. Agar lebih bebas mengaturnya, gunakan opsi untuk membuat website dengan editor, lalu klik “Edit a template”. 

4. Pilih template 

Langkah membuat website di Wix selanjutnya yaitu pilih template yang telah disediakan oleh Wix. Pilih yang sesuai dengan keinginan Anda, lalu klik “Edit” pada bagian template tersebut. 

5. Atur tampilan pada website 

Selanjutnya adalah Anda akan diarahkan ke dashboard untuk melakukan edit tampilan website. Dengan fitur drag & drop, Wix dapat memberikan Anda kemudahan untuk dalam membuat website. Anda dapat memindahkan, mengatur, menambahkan elemen-elemen yang ada di website hanya dengan mendrag lalu drop ke tempat yang Anda inginkan. 

Sebelum Anda memulainya, terlebih dahulu pilih page yang ingin Anda edit. Caranya dengan klik di menu dropdown “Page” pada pojok kiri atas. Lalu, Anda bisa melihat struktur dari halaman website dan pilihlah salah satu page yang ingin Anda edit terlebih dahulu. 

Pada bagian sisi kiri dashboard, tersedia menu bar untuk mengelola tampilan dan juga menambah elemen untuk website. Pada bagian ini terdapat sejumlah section yang dapat Anda atur agar bisa mengubah tampilan pada website. 

  • Menu & Pages 

Untuk mengatur blog pages, lightboxes, menu dan page transition di website. 

  • Background 

Untuk mengelola page background. Anda dapat menambahkan video atau gambar sebagai background dan juga bisa menggantinya dengan warna yang Anda inginkan agar lebih menarik. 

  • Add

Fitur yang terdapat di Wix untuk menambahkan elemen-elemen di website. 

  • Theme Manager 

Dipakai untuk mengelola kombinasi warna di website atau site colors serta tipografinya. 

  • Add Apps 

Untuk mengelola aplikasi di website. Di sini Anda dapat menambahkan fitur atau aplikasi di dalamnya seperti chat column, maps, forum countdown, search box, fitur online store, fitur-fitur marketing dan lainnya. 

  • Media 

Untuk menginput video dan gambar ke dalam website. 

  •  My Blog 

Digunakan untuk membuat postingan di website. 

6. Membuat postingan 

Setiap blog tentunya mempunyai konten. Untuk membuatnya, klik menu “My Blog” lalu pilih “Create a post”. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman dashboard untuk membuat postingan di blog. Tulislah apapun yang menarik dan bermanfaat agar bisa menarik perhatian pembaca nantinya. 

Setelah selesai, Anda bisa mengelola pengaturan di postingan tersebut. Pada sisi kiri halaman, ada menu bar untuk mengaturnya. 

  • Add 

Digunakan untuk menambahkan gambar, file, video, HTML code di postingan dan, GIF.

  • Settings 

Menu untuk pengaturan postingan seperti publish date, author, dan cover image

  • SEO

Digunakan untuk mengatur description, SEO title, dan URL Slug pada setiap postingan supaya website Anda bisa muncul di search engine. 

  • Categories 

Digunakan untuk mengatur atau mengelompokkan postingan ke dalam kategori. 

  • Tags 

Tags ini berguna supaya pembaca bisa menemukan postingan Anda yang lain dengan tema yang mirip. Anda dapat menambahkan sampai 30 tags di setiap postingan. 

Setelah selesai, Anda dapat publish postingan tersebut dengan klik “Publish” di kanan atas.

7. Publish website 

Selanjutnya, Anda dapat melihat terlebih dahulu preview website untuk dipastikan kembali tampilannya telah sesuai atau belum. Klik “Preview” di kanan atas. Jika tampilannya sudah sesuai, maka Anda bisa klik “Publish” di pojok kanan atas. 

Demikianlah langkah-langkah membuat website di Wix yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Selamat mencoba! 

 

  •  
  •  
  •