Langkah-langkah Menerapkan SEO Video Marketing

Video Marketing adalah salah satu metode pemasaran bisnis yang sedang ramai dilirik oleh perusahaan beberapa waktu belakangan. Metode ini menggunakan konten video untuk memasarkan produk atau jasa ke konsumen. Video marketing terbukti cukup efektif digunakan, karena berdasarkan riset yang diperoleh, hampir sebagian besar konsumen akan memutuskan membeli produk setelah melihat video promosi.  

Oleh karena itu, penggunaan video marketing sebagai strategi pemasaran harus ada dalam rencana bisnis Anda.  Apalagi saat ini bukanlah hal yang sulit untuk membuat konten video, sebab sudah ada berbagai platform yang bisa membantu Anda memasarkan bisnis secara gratis maupun berbayar. Contohnya YouTube, Facebook, Instagram, dan Tiktok yang memiliki banyak pengguna.

Nah, supaya Anda dapat membuat video marketing muncul di search engine sesuai keyword calon konsumen, tentu ada beberapa hal yang harus dilakukan.  Salah satunya dengan menerapkan strategi SEO video marketing yang tepat. Berikut langkah-langkahnya.

1. Tentukan Tujuan Video Marketing

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam penerapan SEO video marketing adalah menentukan tujuan dari video tersebut. Ini dimaksudkan supaya Anda mempunyai gambaran jelas terhadap parameter kesuksesan video marketing. Tentukan apa tujuan yang ingin Anda capai melalui video tersebut. Misalnya untuk meningkatkan brand awareness, maka buatlah video yang membuat calon konsumen tertarik, sadar akan brand, ingin membeli, dan setia pada produk-produk Anda.

2. Pilih Platform yang Digunakan

Memilih platform paling sesuai untuk video marketing yang direncanakan adalah langkah penerapan SEO selanjutnya. Youtube mungkin menjadi platform pertama yang terlintas di pikiran Anda, akan tetapi akhir-akhir ini muncul beberapa platform video marketing lainnya yang efektif membantu pemasaran. Sebut saja Facebook, Instagram, dan Tiktok yang beberapa waktu terakhir semakin diminati pengguna sosial media.

Kini Anda memiliki banyak pilihan platform untuk menerapkan strategi video marketing. Untuk memutuskan platform mana yang paling tepat digunakan bisa dengan mempertimbangkan jumlah audiens yang dapat dijangkau. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan dimensi dari video marketing. Jika ingin menggunakan format story, Anda bisa memilih Instagram atau Facebook. 

3. Produksi Konten Video Marketing

Ada tiga tahapan dalam produksi konten video, mulai dari menentukan konsep, membuat naskah dan storyboard, syuting, editing, hingga distribusi. Inilah langkah kunci produksi konten video marketing yang harus direncanakan dengan baik. Pastikan Anda telah mengalokasikan dana dan waktu untuk membuat video marketing secara maksimal.

4. Gunakan Keyword yang Tepat

Keyword atau kata kunci untuk video marketing harus digunakan dengan tepat supaya muncul di platform video. Tentunya penggunaan keyword ini bukan hanya memudahkan pencarian konsumen di platform video tertentu, tetapi juga di search engine seperti Google. Oleh sebab itu, pilihlah keyword yang relate dengan apa yang dicari pengguna. Lantas, bagaimana cara mengetahuinya?

  •       Cari sejumlah keyword yang berkaitan dengan isi promosi.
  •       Lakukan pencarian di Google.
  •       Gunakan keyword video yang muncul di hasil pencarian Google.

5. Tentukan Judul Video

Judul video dapat membuat calon konsumen merasa penasaran dengan isi dari video marketing. Ini juga akan menentukan peringkat video Anda di search engine. Maka dari itu, buatlah judul yang sesuai dengan isi, dan pastikan Anda telah memasukkan kata kunci yang tepat.  

6. Tambahkan Teks Deskripsi

Tambahkan teks deskripsi pada video marketing Anda. Ini dimaksudkan supaya para penonton mengerti isi dari video yang disampaikan. Anda juga dapat menambahkan beberapa informasi penting lainnya untuk memperjelas isi konten video marketing.

7. Utamakan Kualitas Video

Baik atau buruknya peringkat SEO video marketing Anda sebagian besar dipengaruhi oleh kualitas video tersebut. Aturan ini juga berlaku pada berbagai platform lain. Oleh sebab itu, utamakan kualitas video dan buatlah dengan semenarik mungkin. Untuk menjaga kualitas video, Anda bisa menggunakan beberapa device yang memiliki spesifikasi tinggi, misalnya tongkat selfie (tongsis), microphone, ataupun camera.

Sedangkan untuk membuat video lebih menarik, Anda bisa menggunakan aplikasi edit video seperti Adobe Premiere Pro, Sony Vegas Pro, AVS Video Editor, dan lain-lain.

8. Gunakan File Format yang Sesuai

Buatlah nama file video dengan format yang sesuai sebelum Anda mengunggahnya ke platform pilihan. Biasanya orang-orang akan menggunakan format.mp4 supaya video mudah ditemukan di search engine.

9. Promosikan Video

Setelah mengunggah video, langkah selanjutnya dalam menerapkan SEO video marketing adalah dengan mempromosikan video milik Anda melalui platform lainnya.  Anda bisa menggunakan platform sosial media Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, atau juga bisa melalui platform perpesanan instan seperti Whatsapp, Line dan sebagainya. Langkah ini penting untuk membantu meningkatkan ranking video marketing di search engine. Selain itu, juga ada fitur iklan yang bisa digunakan dengan cara membayar sejumlah uang ke platform promosi,

Nah, itulah langkah-langkah menerapkan SEO video marketing yang wajib dicoba. Apakah sudah cukup jelas? Selamat mencoba, semoga berhasil.

  •  
  •  
  •