Pengertian Online Advertising dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Memulai sebuah bisnis di zaman serba digital tentu merupakan pengalaman yang luar biasa bagi setiap orang. Bagaimana tidak, masa depan Anda dan karyawan sepenuhnya dikendalikan oleh keputusan-keputusan yang diambil saat ini. Anda tidak bekerja untuk diri sendiri, tetapi untuk keberlangsungan perusahaan dan untuk semua karyawan yang turut membantu mengembangkan bisnis. Bagaimanapun caranya, Anda dituntut untuk menghasilkan keuntungan. Nah, ini baru bisa didapat setelah promosi dan branding berhasil menarik perhatian calon konsumen.

Untuk melakukan promosi dan branding, ada beberapa strategi yang bisa dijadikan. Salah satunya adalah online advertising, strategi ini dinilai lebih efektif dan daripada offline advertising yang memakan banyak biaya. Di era digital seperti sekarang, perkembangan online advertising tentu sudah berkembang dengan pesat.

Jenis-jenis online advertising juga banyak sekali, mulai dari video advertising, social advertising, contextual advertising, dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti pembahasan berikut.

Apa itu Online Advertising?

Adalah bentuk pemasaran iklan yang memakai internet sebagai media promosi sehingga lebih banyak menjangkau konsumen. Beberapa contoh online advertising di antaranya ada email marketing, iklan di sosial media, banner ads, iklan baris online, hingga SEM (Search Engine Marketing). Ini adalah salah satu strategi pemasaran yang memudahkan Anda menjangkau konsumen dan telah berkembang pesat seiring kemajuan teknologi.  

Dalam praktiknya, mempromosikan brand kepada masyarakat umum memang cukup efektif dengan teknik ini. Sampai sekarang tidak terhitung jumlah perusahaan yang mengandalkan internet sebagai media promosi. Apalagi jumlah pengguna internet semakin bertambah, sehingga membuat para pebisnis memilih online advertising sebagai strategi pemasaran paling tepat.  

Beberapa platform juga telah menyediakan tool untuk memaksimalkan online advertising. Salah satunya adalah Google Ads, melalui tools ini para pebisnis dapat mengiklankan produknya secara luas ke pengguna mesin pencari tersebut. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, tergantung seperti apa jenis iklan yang dipasang. Beriklan di internet bisa dibilang jauh lebih hemat daripada offline advertising.  

Manfaat Online Advertising bagi Bisnis

Perkembangan dunia internet memang semakin pesat dan ini membuat strategi pemasaran secara konvensional perlahan-lahan ditinggal oleh para pebisnis. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Dibandingkan offline advertising, online advertising dinilai jauh lebih efektif dalam hal menjangkau audience. Sudah bukan rahasia lagi bila pengguna internet semakin bertambah setiap harinya. Nah, ini tentu bisa menjadi peluang bisnis Anda untuk berkembang. Berikut ini merupakan manfaat online advertising bagi bisnis:

  1.     Hemat Biaya

Dibanding offline advertising yang menggunakan media spanduk, televisi, radio, maupun surat kabar, biaya untuk online advertising memang jauh lebih murah. Ini karena anggaran yang dikeluarkan bisa disesuaikan dengan target audience yang diinginkan.  Semakin kecil biaya iklan tentu ini semakin menghemat anggaran perusahaan.

Beberapa platform periklanan seperti Instagram Ads dan Facebook Ads bahkan memasang tarif mulai dari 15 ribu rupiah per harinya, dan ini sudah bisa menjangkau ribuan audience. Keuntungan seperti ini tentu tidak bisa diperoleh dari offline advertising.

  1.     Memperluas Jaringan Bisnis

Manfaat online advertising yang paling dirasakan para pengusaha adalah meluasnya jaringan bisnis ke seluruh Indonesia bahkan bisa sampai ke tahap internasional. Tentu ini tidak lepas dari peran internet yang Anda gunakan sebagai media promosi. Dengan adanya internet, Anda bisa menjangkau seluruh masyarakat Indonesia dari sabang sampai merauke.

  1.     Iklan Lebih Fleksibel

Apabila terdapat beberapa perubahan terhadap isi iklan, Anda bisa mengubah informasinya saat itu juga. Ini tentu merupakan salah satu keuntungan memasang iklan secara online, karena sangat membantu para pebisnis mengubah informasi yang ingin disampaikan kepada konsumen. Berbeda sekali saat Anda memasang spanduk di pinggir jalan ataupun saat mencetak brosur, jika terdapat kesalahan Anda harus memperbaikinya dengan cara mencetak ulang spanduk atau brosur tersebut. Ini tentu saja membuat anggaran iklan membengkak.

  1.     Target Pasar Sesuai

Kunci penting dari pemasaran adalah target pasar. Jadi supaya efektif, Anda harus bisa menentukan target pasar yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Hal ini bisa diketahui melalui online advertising, karena berbeda dengan jenis iklan lainnya, Anda bisa menentukan target pasar dengan tepat dan menjangkau konsumen secara luas.

  1.     Meningkatkan Penjualan

Setiap pemilik bisnis tentu ingin meningkatkan jumlah produksi dan penjualan produk. Hal ini sangat mungkin terjadi saat Anda memutuskan memasang iklan di internet. Mengapa? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, iklan di internet memiliki manfaat besar bagi bisnis terutama dalam hal memperluas jaringan. Dengan meluasnya jaringan bisnis Anda tentu ini akan membuka peluang terhadap peningkatan jumlah produksi dan penjualan produk. Tidak menutup kemungkinan Anda juga akan mempekerjakan karyawan baru untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Itulah pembahasan tentang online advertising, mulai dari pengertian hingga manfaatnya sudah dibahas secara jelas di atas. Sebagai pebisnis, Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi zaman sekarang. Ini dilakukan agar bisnis tetap stabil dan terus mengalami peningkatan. Jadi, gunakanlah online advertising untuk kemajuan bisnis Anda.