Daftar Posisi Yang Bisa Mengisi Divisi Marketing

digital marketing

Salah satu contoh dari berkembangnya teknologi dan serba digital ada di Indonesia maupun luar negeri saat ini yaitu pada segi pemasaran. Saat ini digital marketing menjadi salah satu bentuk pemasaran dinilai paling efektif dan efisien untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Digital marketing sendiri yaitu upaya pemasaran produk atau jasa dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan internet.

Sedangkan orang yang memiliki kemampuan mengelola semua bentuk media digital dalam proses pemasaran secara digital disebut dengan digital marketer. Biasanya pada sebuah perusahaan pekerjaan yang berkaitan dengan digital marketing akan dikerjakan oleh beberapa orang dalam satu divisi yaitu divisi digital marketing. 

Pembagian Job Desk pada Divisi Digital Marketing

Dalam sebuah perusahaan biasanya kita akan menemukan sebuah tim yang terdiri dari beberapa orang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Tentu dalam sebuah tim setiap anggotanya akan memiliki peran dan tugasnya masing masing. Begitu pula dalam divisi digital marketing dimana setiap orangnya memiliki peran dan tugasnya masing masing.

Meskipun demikian tujuan yang dicapai tetaplah sama yaitu untuk mengembangankan segala proses ataupun strategi dalam pemasaran digital dengan harapan dapat meningkatkan traffic pengunjung serta mendapatkan banyak konsumen. Lalu apa saja peran dan tugas dalam divisi digital marketing ? berikut penjelasan lengkapnya.

1. Digital Marketing Executive

Posisi ini dalam divisi digital marketing berperan sangat penting sebab posisi ini mengharuskan Anda untuk bertanggung jawab membuat, merencanakan serta memantau setiap konten pemasaran digital secara berkala. Tugas lain dari seorang yang berposisi sebagai digital marketing executive adalah melaporkan dan juga melacak perkembangan traffic website perusahaan, serta memaksimalkan konten website di berbagai media sosial.

2. Digital Marketing Manager

Bisa dikatakan seseorang yang menempati posisi ini menjadi pemimpin atau leader dalam divisi tersebut. tugas utamanya adalah memastikan bahwa tujuan atau goals perusahaan bisa tercapai. Sebagai seorang leader tentu saja jiwa leadership dan kemampuan memimpin harus bisa dimiliki dan dikuasai agar tim tersebut bisa saling membantu dan mencapai goals yang diinginkan.

Tentu tidak itu saja yang harus dikuasai namun juga memiliki skill dan pengetahuan akan digital marketing. Ada beberapa job desk yang biasa akan Anda temukan jika berada di posisi ini seperti mengoptimalkan pemasaran via email dan media sosial lainnya, mengelola dan mengukur traffic website, dan terakhir yaitu merencanakan dan mengelola pemasaran dari produk dan layanan yang ditawarkan.

3. SEO Specialist

Seperti yang kita ketahui dalam dunia digital marketing, SEO sangat berperan dalam meningkatkan traffic website Anda. maka dari itu seseorang yang berada pada posisi ini dituntut wajib memiliki pengetahuan serta skill dalam mengelola website dan SEO. Peran seorang yang berada di posisi ini yaitu memastikan agar halaman konten website perusahaan berada pada bagian atas mesin pencari

Tugas lain dari seorang SEO Specialist yaitu melakukan analisis terhadap klien baik luar maupun dalam berbagai industri. Selain itu dengan pengetahuan dan skill yang ada, Anda juga diharuskan agar selalu update tentang algoritma google. Ada beberapa tools yang diperlukan seorang SEO Specialist mulai dari SEMrush, Google Analytics, Google Search Console, Moz, Yoast, Google Sheets dan lainnya.

4. Social Media Specialist

Sesuai dengan namanya, orang yang berada di posisi ini akan berurusan dengan berbagai macam akun sosial media perusahaan. Tugasnya tentu saja untuk memposting, mengedit, hingga membalas komen. Orang yang tepat yang berada di bidang ini tentu saja orang yang aktif dan paham betul dalam penggunaan sosial media. 

5. Content Writer

Seseorang pada posisi ini akan bertanggung jawab pada penulisan sebuah konten. Tentu hal tersebut harus dilakukan dengan melakukan riset terlebih dahulu. Bagi seorang content writer ada baiknya untuk memiliki pengetahuan akan SEO sebab dengan begitu dirinya akan mampu membuat tulisan ataupun artikel SEO yang friendly. 

6. Graphic Designer

Jika konten writer biasanya bekerja dan bertanggung jawab pada tulisan ataupun artikel, maka seorang graphic designer akan bertanggung jawab pada bagian konten visual. Beberapa tools yang dapat membantu para graphic designer dalam bekerja antara lain Adobe Illustrator, Photoshop dan tools visual lainnya. Seorang graphic designer harus memiliki nilai seni yang bagus agar desain visual yang akan ditampilkan pada google Ads, Instagram, Facebook Ads dan lainnya dapat menarik minat calon konsumen. 

7. Web Analytics And Developer

Tugas dari divisi ini bisa berhubungan dengan monitoring serta analisis terhadap performa traffic marketing digital perusahaan. Tidak hanya itu tugas lainnya yaitu dapat membuat serta mengembangkan website dengan pengetahuan akan HTML, Javascript, CMS dan lain sebagainya.

Itulah beberapa divisi dan job desk yang ada pada divisi digital marketing sebuah perusahaan. Agar tujuan perusahaan lebih cepat tercapai diperlukannya sebuah tim dalam setiap divisi dengan kemampuan serta tanggung jawab masing masing.

  •  
  •  
  •