Mengenal Aplikasi Pinjaman Online Yang Sudah Terdaftar di OJK 

dmstand.org – Pinjaman online atau biasa disebut dengan fintech (Financial Technology) merupakan salah satu produk finansial yang menyediakan pinjaman uang dari penyedia jasa keuangan berbasis online melalui perangkat smartphone, baik Android maupun IOS.

Tuntutan dan gaya hidup masyarakat yang semakin meningkat pada era digital seperti sekarang ini, menjadikan salah satu alasan munculnya beberapa penyedia pinjaman online. Hanya dengan mengakses via aplikasi yang ada di smartphone, pengajuan dan pencairan dana pada aplikasi pinjaman online dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. 

fintech di Indonesia

Namun, sebelum melakukan pinjaman online, pastikan penyedia layanan fintech ini sudah terdaftar atau dibawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga kita bisa melakukan transaksi dengan aman dan nyaman.

Kemudahan dalam layanan pinjaman online ini jadi salah satu keuntungan bertransaksi secara kredit, dan masih ada beberapa manfaat atau keuntungan lain menggunakan aplikasi pinjaman online, antara lain ;

Syarat Mudah

Dibandingkan dengan pinjaman konvensional, pinjaman online mempunyai syarat dan administrasi yang lebih mudah. Beberapa penyedia layanan pinjaman online bisa mengajukan proses pinjaman dengan mengisi data diri dan dokumen berupa KTP atau dokumen penunjang lainya melalui aplikasi yang tersedia di smartphone atau melalui website tanpa harus bepergian atau berpindah tempat. 

Selanjutnya kita menunggu proses verifikasi data dan mendapatkan dana sesuai limit yang ditentukan atau yang kita butuhkan. Dengan itu kita tidak perlu mengorbankan waktu untuk pergi ke bank, dan bisa dilakukan disela-sela waktu yang kita bisa. Untuk nilai pinjaman yang tidak terlalu besar, pinjaman online juga tidak memerlukan jaminan atau agunan.

Proses Lebih Cepat

Selain mempunyai syarat yang lebih mudah, manfaat atau keuntungan lain pinjaman online dibandingkan pinjaman konvensional adalah proses yang lebih cepat. Kehadiran teknologi memang membuat banyak hal menjadi instan, salah satunya pinjaman online, dengan menyederhanakan administrasi yang ada, sehingga proses verifikasi menjadi lebih cepat. 

pinjaman online proses cepat

Bahkan beberapa fintek atau pinjaman online hanya membutuhkan waktu satu jam untuk memverifikasi proses pengajuan dana, berbeda dengan pinjaman konvensional yang membutuhkan waktu beberapa hari sampai beberapa minggu. Tentu ini manfaat atau keuntungan yang sangat terasa bagi kita. Tidak banyak waktu yang kita perlukan untuk mendapatkan pinjaman online, sehingga masih banyak waktu yang tersedia untuk hal lainnya.

Baca Juga : Peranan Influencer saat Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia

Ada Beberapa Pilihan Produk Pinjaman

Pada aplikasi penyedia layanan pinjaman online, terdapat beberapa produk yang mereka tawarkan, tidak hanya berupa pinjaman uang atau dana saja. Salah satu produk kredit yang menarik adalah transaksi yang seperti atau mirip dengan kartu kredit, kita bisa melakukan transaksi atau membeli barang yang kita butuhkan terlebih dahulu. 

Setelah itu baru kita membayar cicilan sampai dengan batas waktu atau tenor yang telah ditentukan. Dengan manfaat dan keuntungan ini, kita bisa lebih menyesuaikan kebutuhan kredit dengan produk yang ditawarkan oleh aplikasi pinjaman online.

Simulasi Pinjaman Yang Terstruktur

Ketika kita mengajukan pinjaman baik secara konvensional atau online, tentu kita sangat ingin tahu bagaimana simulasi atau skenario mengenai pinjaman yang kita inginkan, gambaran yang jelas mengenai simulasi kredit yang akan kita lakukan tentu sangat mempengaruhi kita untuk menentukan pilihan kita nantinya. 

simulasi pinjaman online yang terstruktur

Manfaat dan keuntungan pinjaman online dibandingkan pinjaman konvensional dalam hal ini, kita dapat mengetahui gambaran jelas simulasi kredit yang akan kita ambil secara langsung, melalui aplikasi smartphone atau website penyedia layanan pinjaman online. 

Informasi simulasi yang kita dapat meliputi besar jumlah limit atau plafon dana yang kita dapatkan, berapa lama cicilan yang dibayarkan, berapa besaran bunga yang ditetapkan, berapa persen denda jika kita telat membayar cicilan, dan informasi lainya atau jenis skenario lainnya, tergantung produk kredit apa yang akan kita ambil. Hal ini membuat kita lebih cepat dalam menentukan pilihan.

Platform Yang Terpercaya dan Terdaftar Oleh Pihak Berwenang

Penyedia layanan pinjaman online harus mempunyai izin terlebih dahulu sebelum produk tersebut ditawarkan kepada masyarakat. Perlu dilakukan serangkaian tes kepada platform pinjaman online yang dilakukan oleh pihak yang berwenang, dimana pihak yang berwenang disini adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Hal ini ditujukan untuk melindungi kedua belah pihak, baik itu penyedia layanan pinjaman online atau pihak nasabah. Salah satu hal terpenting kenapa penyedia layanan pinjaman online harus mempunyai izin atau terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan adalah mengenai perlindungan data diri atau data pribadi nasabah. Sehingga data pribadi kita tetap terlindungi dan terjaga kerahasiaannya.

Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui secara detail tentang pinjaman online, dan merasa ragu-ragu atau takut untuk melakukan pinjaman. Dengan adanya manfaat dan keuntungan melakukan pinjaman online seperti yang dituliskan diatas, kita jadi tahu bahwa melakukan transaksi kredit bisa terjamin keamananya. Sehingga pinjaman online bisa hadir sebagai solusi finansial yang bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan.

  •  
  •  
  •